Way Kanan, Lampung (ANTARA News) - Pemuda Peduli Lingkungan dan Alam (Pemula) Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung bersilaturrahmi serta menanam pohon bersama Anak Cinta Lingkungan (Acil) dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 di SMKN Blambangan Umpu dan SMA Pangastuti Blambangan Umpu, Sabtu.

Ketua Pemula Way Kanan Asep Mukmin menjelaskan, tujuan penanaman pohon penghijauan tersebut selain memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober kemarin, juga menuju Go Green School, serta menyosialisasikan, mengajak, dan mengimbau Acil untuk menjaga lingkungan sekitar.

Menurut dia, penanaman pohon tersebut baru dilakukan di beberapa sekolah, di antaranya SMKN Blambangan Umpu dan SMA Pangastuti Blambangan Umpu.

Pemula Way Kanan sudah menyiapkan kurang lebih 1.000 bibit pohon mangga, jambu mete, pohon gaharu, dan pohon buah lainnya untuk didistribusikan ke sekolah dan tempat umum lainnya.

"Untuk sementara baru dua sekolah yang kami tanam pohon, ke depan seluruh sekolah di daerah ini akan dilakukan penanaman pohon penghijauan untuk menuju go green school," ujarnya.

Penanaman tersebut mendapat respons positif dari pihak sekolah.

Kepala SMKN Blambangan Umpu Sujarwo menilai, kegiatan yang dilakukan Pemula merupakan aktivitas positif, selain itu juga membawa manfaat.

"Mari kita manfaatkan lingkungan semaksimal mungkin, sekecil apa pun itu harus kita manfaatkan. Alam merupakan guru yang paling tamak, karena alam merupakan sumber berbagai ilmu," katanya.

Sukadi Kepala SMA Pangastuti mengatakan, kegiatan tersebut merupakan aktivitas positif serta memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

"Dengan adanya kegiatan semacam ini, semoga go green school bisa terwujud," ujarnya.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016