Bekasi (ANTARA News) - Penggagas Nusantara Mengaji Muhaimin Iskandar mengatakan Islam Indonesia menjadi teladan bagi dunia dalam mewujudkan wajah Islam yang teduh dan damai.

Menurut Muhaimin, yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, kunci keberhasilan itu terletak pada kecintaan terhadap agama dan Kitab Suci Alquran.

"Khususnya mencintai, menghafalkan, dan mengamalkan kitab suci tersebut," katanya saat memberi sambutan pada Khataman Akbar Nusantara Mengaji sekaligus Peringatan Hari Santri Nasional di Masjid Siti Rawani, Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Oleh karena itu, dia mengajak segenap umat Islam menjadikan Alquran sebagai pegangan dan pedoman menjalani tantangan dan kehidupan. Hal itu penting agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara mana pun. Namun, tetap berpijak pada Islam dan Alquran.

"Kita harus siapkan generasi tangguh dan tetap memiliki spirit Alquran yang mengakar," kata Cak Imin, sapaan akrabnya.

Menurut dia, akar spiritualitas tidak bisa dilepaskan dari kehidupan. Seluruh model kemajuan negara mana pun mengalami krisis yang berakibat buruk terhadap keberhasilan yang diraih, hanya kekuatan lahir dan batin yang dapat mengatasinya.

Ia berharap khataman Alquran bisa berlanjut agar Allah Swt. memberikan kekuatan kepada segenap warga bangsa menuju Indonesia yang adil dan sejahtera.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang hadir pada acara itu menyebut Nusantara Mengaji sebagai ikhtiar penting mendorong Indonesia menjadi bangsa damai, makmur, dan sejahtera.

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat membiasakan anak-anak belajar mengaji dan mengkhatamkan Alquran, serta mendukung Gerakan Nusantara Mengaji.

Acara khataman akbar di Bekasi digelar di 200 titik yang tersebar di 56 kelurahan, 12 kecamatan. Dalam acara tersebut juga diserahkan beasiswa bagi penghafal Alquran (hafiz) berprestasi, peluncuran Infak Sejuta Alquran dan aplikasi khataman Alquran "online".

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016