London (ANTARA News) - Penerbangan rute terpendek di dunia, cuma 2,7 kilometer saja, yang menghubungkan dua pulau terpencil Inggris, pada Senin (31/10) merayakan penumpang kesejuta yang diterbangkan di rute itu.

Penerbangan antara Westray dan Papa Westray di Kepulauan Orkney, di lepas pantai timur laut daratan Skotlandia, tercatat dalam Guinness World Record sebagai penerbangan berjadwal terpendek di dunia.

Penerbangan itu, menggunakan pesawat Britten Norman Islander berkapasitas delapan kursi, hanya memakan waktu dua menit tapi jika kondisi angin menguntungkan penerbangan hanya berlangsung 47 detik.

Penerbangan itu merupakan bagian dari rute layanan mereka, yang lepas landas dari kota utama Orkney, Kirkwall, dan berhenti di sekitar kepulauan itu.

Maskapai penerbangan regional Skotlandia Loganair sudah mengoperasikan rute penerbangan tersebut sejak 1967 dan pada Senin memberikan penghormatan kepada pelanggan setia Anne Rendall, mempersembahkan karangan bunga kepadanya.

Bankir Royal Bank of Scotland itu sudah terbang lebih dari 10.000 kali dalam layanan itu, mengunjungi masyarakat kepulauan dan mengurus kebutuhan perbankan mereka.

"Rute ini sangat penting dalam jaringan kami dan dikenal di seluruh dunia," kata CEO Loganair, Jonathan Hinkles.

"Ini digunakan oleh guru, dokter, polisi dan murid sekolah, membantu mereka menjalani rutinitas sehari-hari mereka dengan mudah dan sederhana."

Penerjemah: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016