Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono mengatakan kiprah publikasi media massa nasional terhadap kerja dan program MPR kepada masyarakat Indonesia secara luas sangat penting.

"MPR memiliki visi, program serta kerja-kerja sesuai kewenangannya. Setelah visi, program serta kerja-kerja dijalankan, maka peran media menjadi sangat penting dalam menerjemahkannya kepada masyarakat," katanya dalam pertemuan media di Jakarta, Rabu.

Ma'ruf, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan bahwa MPR menempatkan bidang publikasi dalam porsi yang lumayan besar dan salah satu yang utama.

Namun, memang kerja-kerja dan program MPR berada dalam lingkaran kenegaraan seperti soal Pancasila dan konstitusi yang banyak pihak enggan membicarakan karena terkesan kaku.

"Inilah sisi pentingnya peran media massa yang dengan caranya mampu menerjemahkan soal kerja dan program MPR menjadi bahan pengetahuan yang bisa dipahami dan dicerna masyarakat siapapun itu," kata Ma'ruf.

Dengan begitu, lanjut dia, selain mendapat pendidikan politik, kenegaraan serta demokrasi, masyarakat juga mengetahui kerja dan program MPR sehingga timbul kepercayaan.

Melihat fakta tersebut, Ma'ruf mengharapkan masukan dari media massa sehingga MPR bisa memperbaiki dan menyempurnakan visi, program dan teknis penyampaian.

Di antara saran yang muncul, salah satunya perlu pengayaan metode-metode penyampaian program serta menggali wacana atau isu menarik dan memiliki daya berita tinggi seputar program MPR.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016