Jakarta (ANTARA News) - Menurut data dari perusahaan riset pasar Strategy Analytics, pangsa pasar global smartphone Android di Q3 2016 mencapai sekitar 88 persen, naik dari angka 84,1 persen dalam periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, iOS Apple kehilangan pangsa pasar. Saat ini pangsa pasar iOS Apple 12,1 persen, turun dari 13,6 persen pada Q3 tahun lalu.

Terkait pengiriman smartphone, ponsel Android mengalami pertumbuhan tahun ke tahun (year on year) sebesar 10,3 persen, sedangkan iOS turun 5,2 persen.

"Android hadir dengan berbagai vendor yang menggunakan platform tersebut. iOS Apple kehilangan pasar atas Android dan turun menjadi 12 persen di seluruh dunia di Q3 2016 karena kinerja yang loyo di China dan Afrika," kata Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, seperti dikutip dari GSM Arena.

"BlackBerry dan Microsoft Windows Phone menghilang karena pergeseran strategis, sementara Tizen dan platform negara berkembang lainnya melemah akibat portofolio produk yang terbatas dan dukungan pengembang yang sederhana," tambah dia.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016