Solo (ANTARA News) - PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator turnamen melarang suporter Persib Bandung, Bobotoh datang mendukung timnya saat melawan Persija Jakarta Pusat pada pertandingan lanjutan Torabica Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/11) malam.

"Kami berharap suporter Persib, Bobotoh berbesar hati tidak datang ke Solo menyaksikan timnya melawan Persija Jakarta," kata Direktur Kompetisi PT GTS, Ratu Tisha Destria, di Solo, Jumat.

Menurut Ratu Tisha Destria, suporter Bobotoh akan menerima keputusan tersebut, dan jangan memaksakan diri untuk hadir di Stadion Manahan Solo mendukung timnya.

Kebijakan tersebut, lanjut Ratu Tisha Destria, juga telah perlakukan pada pertandingan sebelumnya ketika Persija main tandang ke Bandung, sehingga sama-sama mentaati aturan yang berlaku.

"Persib saat menjamu Persija di Bandung, pada tanggal 16 Juli 2016, juga tidak menghadirkan suporternya Jakmania," kata Ratu Tisha.

Menurut dia, pihaknya mengeluarkan kebijakan tersebut melalui banyak pertimbangan karena kedua suporter merupakan rifal sehingga mudah terjadi gesekan antara pendukungnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang membangun citra persepakbolaan di Tanah Air, aman, nyaman, dan menarik untuk dinyaksikan oleh masyarakat.

"Kami berharap dengan mentaati aturan yang berlaku, akan tercipta kondisi yang aman dan nyaman," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau penonton yang menyaksikan langsung antara Persija melawan Persib di Stadion Manahan Solo, untuk dapat menjaga ketertiban dan jangan membawa barang yang dilarang seperti senjata tajam, petasan, kembang api, dan benda-benda keras lainnya.

Selain itu, para penonton juga dilarang menggunakan atau membawa atribut suporter Jakmania.

Sementara pihak aparat keamanan gabungan baik dari Polresta Surakarta, Brimob, dan anggota TNI telah disiapkan sekitar 2.000 personel untuk mengamankan jalannya pertandingan antara Persija melawan Persib.

Menurut Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ahmad Luthfi sebanyak 2.000 personel baik Polri maupun TNI untuk mengamankan jalannya pertandingan Persija melawan Persib di Solo.

"Kami pengamanan pertandingan sepak bola antara Persija versus Persib Bandung, di Solo, Sabtu (5/11), didukung anggota Polda Jateng dan TNI. 2.000-an personel untuk mengawal jalannya pertandingan," kata kapolresta.

Menurut dia, pihaknya sudah mendapat laporan pada pertandingan tersebut akan hadir suporter Jakmania dari Jakarta sebanyak 20 ribu orang dengan menumpang ratusan unit bus ke Solo.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016