Surabaya (ANTARA News) - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul menyiapkan lagu "Bento" duet bersama Iwan Fals pada pagelaran musik bertajuk "Konser 55 Pramuka" yang akan diselenggarakan Minggu, 6 November 2016.

"Ini sekarang saya sedang menghafalkan lirik lagunya agar saat konser nanti lancar bernyanyi bersama para OI penggemar Iwan Fals," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Konser tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-55 Pramuka, sekaligus ulang tahun Iwan Fals yang juga berusia 55.

Pria yang juga Wakil Gubernur Jatim tersebut menyampaikan tujuan digelarnya konser untuk memasyarakatkan Pramuka dan penegasan bahwa gerakan kepanduan itu miliki siapa saja.

"Pramuka tak hanya milik pelajar, tapi milik semua orang. Kita ingin masyarakat Indonesia bangga menjadi seorang Pramuka," ucap orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Tujuan lainnya, kata dia, menjadikan musik sebagai instrumen pemersatu bangsa dan menguatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Harapannya, Pramuka mampu diterima di semua kalangan melalui berbagai cara yang salah satunya musik. Kemudian, Pramuka memberikan kontribusi di dalam pembangunan lebih nyata dan konkret, serta memelihara semangat gotong royong," katanya.

Sementara itu, sehari sebelum digelar konser, Iwan Fals akan menggelar bakti sosial di Kelurahan Kroman dan Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Sasarannya, lanjut dia, antara lain membangun kesadaran untuk cinta lingkungan dengan cara membuat kampung bersih yang akan dicat bersama-sama oleh Iwan Fals, Wagub Jatim, Forpimda Gresik, anggota pramuka, serta masyarakat setempat.

"Sekitar 400 orang dikerahkan untuk menyukseskan kegiatan bakti sosial dengan pengecatan kampung, bersih-bersih lingkungan serta penanaman pohon," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016