Jakarta (ANTARA News) - Arsene Wenger mengatakan Mesut Ozil dapat menyamai status legenda Arsenal seperti dimiliki Dennis Bergkamp jika dia mau memperpanjang kontrak mainnya di klub ini.

Bergkamp yang dijuluki "dewa" oleh para pendukung Arsenal dan diabadikan dengan sebuah patung di luar Stadion Emirates setelah dua kali mengantarkan Arsenal juara liga dan sekali menjadi tim tak terkalahkan di liga, selama 11 tahun membela Arsenal.

Gol penentu kemenangan yang mempesona dan diciptakan Ozil saat melawan Ludogorets pada Liga Champions membuat penggemar Arsenal menyamakannya dengan Bergkamp. Masalahnya, pemain Jerman ini hanya punya kontrak empat tahun di Arsenal dan belum memastikan masa depannya setelah 2017.

Berbicara menjelang laga derby London utara esok, Wenger mengaku ada kesamaan antara kedua pemain.

"Dennis Bergkamp berdedikasi untuk jangka waktu lama, bermain sampai usia 38 tahun. Saya berharap kami punya masa 10 tahun lalu bersama Ozil. Untuk menjadi legenda klub ini Anda mesti bertahan dalam jangka waktu lama."

"Saya memahami bahwa untuk menjadi legenda seperti Dennis Bergkamp, jika Anda hanya dua tahun di sini Anda tidak akan menjadi legenda."

Arsenal terus berusaha mengikat kontrak baru dengan Alexis Sanchez dan Ozil.

"Saya yakin dia berada pada usia di mana dia lebih matang," kata Wenger dalam laman Sky Sports. "Dia berusia 28 tahun. Perbedaannya sekarang adalah dia lebih fokus kepada efisiensi. Ketika dia dulu tiba di sini dia lebih seperti pemain yang bermain, fokus kepada permainan. Sekarang efisiensi lebih banyak ada di pikirannya."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016