Jakarta (ANTARA News) - Oklahoma City Thunder berhasil mengatasi tim tamu Miami Heat dengan skor 97-85 dalam laga lanjutan NBA di Chesapeake Arena, Oklahoma, Amerika Serikat, Selasa WIB.

Kemenangan itu disokong oleh raihan double-double yang dibukukan tiga punggawa Thunder, yakni center Enes Kanter dengan 24 poin dan 10 rebound, power-forward Domantas Sabonis lewat 15 poin dan 10 rebound, serta tentu saja point-guard Russel Westbrook yang mencetak 14 poin dan mengirimkan 11 assist.

Menariknya, meski mencetak poin terbanyak Kanter hanya melantai dengan waktu paling singkat dibanding dua peraih double-double Thunder lainnya, yakni selama 20 menit saja.

Sementara daftar pencetak angka di kubu Heat dipimpin oleh forward James Johnson dengan 18 poin saja, sementara center Hassan Whiteside mengamankan 12 rebound, demikian statistik pertandingan laman resmi NBA.

Hasil itu membuat Thunder yang dibesut pelatih kepala Billy Donovan itu kini mengoleksi enam kemenangan dan satu kekalahan (6-1) serta untuk sementara memuncaki klasemen Wilayah Barat, sedangkan Heat (2-4) terperosok di peringkat ke-13 Wilayah Timur.

Forward Heat, Luke Babbitt, mencetak poin pembuka pertandingan itu lewat tembakan dua angkanya, namun lay-up center Steven Adams membawa Thunder unggul 10-4 di sisa waktu delapan menit 48 detik kuarter pertama.

Thunder lantas mencetak 29 poin tambahan, termasuk lay-up Kanter yang menutup kuarter pertama dengan keunggulan 39-28 atas Heat.

Kuarter kedua dibuka dengan tembakan tiga angka Josh Richardson untuk memangkas ketertinggalan Heat 34-39, namun Thunder masih memegang keunggulan 55-47 saat paruh pertama pertandingan berakhir.

Untuk kali ketiga, poin pertama dalam sebuah kuarter pertandingan tersebut dicetak oleh pemain Heat. Kali ini lewat tusukan Whiteside yang diakhiri sebuah lay-up untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 49-55.

Akan tetapi Thunder lantas mencetak 20 poin beruntun dalam kurun waktu lima menit empat detik, ketika sepanjang waktu tersebut Heat tak sekalipun mencetak poin, untuk memperbesar keunggulan menjadi 75-52 di sisa waktu lima menit tujuh detik kuarter ketiga.

Kuarter ketiga ditutup dengan lay-up Willie Reed yang memangkas ketertinggalan timnya menjadi 61-83.

Heat rupanya telat panas, di sisi sebaliknya keunggulan 22 poin membuat produktivitas Thunder menurun di kuarter keempat, sehingga tim tamu unggul 24-14 dalam perolehan poin sepanjang kuarter pamungkas tersebut.

Sayangnya, Heat tetap harus merelakan kemenangan 97-85 bagi Thunder lantaran kalah produktivitas dari tuan rumah di tiga kuarter awal.


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016