Bandung (ANTARA News) - Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Dr (HC) Ir Burhanuddin Abdullah, MA terpilih kembali menjadi Rektor Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) periode 2016-2021 yang resmi dilantik di aula Ikopin Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa.

Pelantikan tersebut dihadiri Dewan Pembina Yayasan Ikopin, Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Agus Muharom, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Kartiwa dan unsur pejabat Ikopin lainnya.

Rektor Ikopin Burhanuddin mengatakan, Ikopin telah menunjukan berbagai keberhasilan dibantu dengan para pengusaha dan para pemangku kepentingan lainnya.

"Pengusaha yang dengan segala keputusan telah membantu kehidupan Ikopin lima tahun terakhir, begitu cepat dan mudah-mudahan apa yang kita kerjakan lima tahun terakhir ini memberikan manfaat," katanya.

Ia menuturkan, selama lima tahun kepemimpinannya menjadi Rektor Ikopin banyak pandangan yang sifatnya anomali, dan kontradiktif, tetapi tetap berjalan linier.

"Dalam lima tahun terakhir menurut pandangan saya banyak hal yang sifatnya anomali, kontradiktif, tetapi tetap berjalan linier," katanya.

Ia menyampaikan, sebagai lembaga pendidikan koperasi akan terus berupaya mendisiplinkan informasi, dan mengembangkan peran ekonomi kerakyatan.

Menurut dia, perlu dilakukan pengembangan program studi yang dapat membangkitkan perkoperasian lebih banyak.

"Barang kali perlu pengembangan diri pada program studi hanya berkait langsung program studi yang bisa mengembangkan perkoperasian lebih banyak," katanya.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharom menamnahkan, Ikopin merupakan perguruan tinggi yang hebat di Indonesia bahkan di luar negeri dalam bidang ilmu perkoperasian.

"Saya kira tidak ada perguruan tinggi sehebat Ikopin di berbagai negara, saya pikir di ASEAN ini Indonesia yang terbaik," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016