Jakarta (ANTARA News) - Fujitsu Limited dan PT Fujitsu Indonesia mulai menguji coba penerapan education support system di SMA Negeri 74 Jakarta dengan menggunakan perangkat tablet.

Uji coba sistem pendukung kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan ini dimulai 7 November dan akan berlangsung hingga 23 Desember 2016.

"Program ini selaras dengan visi Fujitsu yang senantiasa ingin mewujudkan Human-Centric Intelligent Society di mana inovasi bisnis dan sosial dapat berhasil terwujud berkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang cerdas, bijak dan tepat,” tutur Achmad S Sofwan, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia dalam pernyataan pers, Selasa.

"Melalui metode penyampaian yang telah teruji, kami berharap siswa yang saat ini merupakan bagian dari generasi digital mampu mendorong mereka untuk mampu memahami filosofi teknologi bagi peningkatan kualitas kehidupan, meningkatkan kualitas belajarnya, termasuk belajar membangun karakter diri, serta meningkatkan kreativitas dan cara berinteraksi dengan lingkungannya.”

Dalam uji coba ini Fujitsu Tablet Arrows Tab Q704/H akan digunakan sebagai peranti pendukung di kelas bagi pengajar maupun siswa, berikut Fujitsu Education Solution K-12 Learning Information Utilization System V1 Chietama.

Solusi Chietama ini akan memudahkan pengajar dalam menyiapkan bahan ajar dengan memanfaatkan sumber daya TIK dan seluruh informasi akan otomatis tersimpan dalam bentuk stored lesson records dan student learning records yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan kemampuan akademik siswa.

Sistem ini juga memungkinkan siswa untuk mengumpulkan tugas-tugas dan hasil karya mereka melalui layar tablet, sehingga mendukung tingkat keaktifan dan partisipasi siswa dalam setiap mata pelajaran dan membantu mereka untuk aktif dalam kerja tim.

Dari rangkaian program ujicoba yang dilaksanakan di lini pendidikan di Indonesia tersebut, Fujitsu kemudian akan melakukan validasi pada tingkat efektivitas dari solusi pendidikan ini, di mana sistem ini sendiri telah berhasil diterapkan di Jepang dan Thailand dengan hasil memuaskan.

Inisiatif ini diprakarsai oleh Fujitsu Indonesia bekerja sama dengan Global Peace Foundation (GPF) Indonesia, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus dalam mendukung peningkatan kapabilitas siswa di Indonesia.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016