Surabaya (ANTARA News) - Perseroan terbatas Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 Surabaya melakukan upaya pembersihan lintasan rel dari sampah di sepanjang lima kilometer, sebagai bagian upaya memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Selasa mengatakan upaya pembersihan sampah di lintasan rel itu dilakukan bersama puluhan karyawan PT KAI Daop 8 Surabaya bersama komunitas pecinta KA.

"Kegiatan bersih-bersih dari sampah ini kami lakukan mulai dari Stasiun Gubeng hinggga Stasiun Wonokromo, dan yang kami bersihkan adalah sampah kawasan di sekitar lintasan rel KA sepanjang 5 kilometer," katanya.

Gatut mengatakan, sebelum pelaksanaan bersih-bersih puluhan petugas Daop 8 Surabaya melakukan upacara di Stasiun Gubeng, kemudian dikerahkan membersihkan sampah dengan menggunakan empat gerbong kereta api.

"Setelah kami bersihkan, kami memasang spanduk imbauan di sekitar rel, agar masyarakat tidak membuang sampah di sekitar lintasan rel," katanya.

Ia mengatakan, Daop 8 Surabaya sengaja memasang spanduk imbauan sebagai edukasi kepada warga, karena perlu diajak bersama-sama untuk tidak membuang lagi sampah di jalur rel.

Sementara, dalam kegiatan itu petugas PT KAI Daop 8 Surabaya berhasil mengumpulkan berbagai rongsokan sampah dari perabotan rumah tangga, dan beberapa kayu yang dibiarkan menumpuk di rel.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016