London (ANTARA News) - Lebih dari 500.000 paket makanan darurat untuk tiga-hari dibagikan kepada keluarga Inggris yang menghadapi krisis selama enam bulan belakangan, kata satu badan bantuan pada Selasa (8/11).

Di dalam laporan barunya, badan anti-kemiskinan tersebut mengatakan jumlah orang yang dibantu sejak April itu berarti jaringan bank-makanan berada di jalan untuk membagikan jumlah paket makanan paling banyak selama 2016-2017 dalam 12-tahun sejarahnya.

Trussell Trust menyatakan 188.500 anak hidup di dalam keluarga yang menerima bantuan sejak April, dan 44 persen orang yang meminta bantuan tak bisa memperoleh makanan akibat masalah manfaat kesejahteraan.

Badan amal itu pada Selasa menyerukan pembukaan saluran telepon darurat bank-pangan buat pusat lapangan kerja lokal yang dikelola pemerintah guna mendukung warga yang menghadapi krisis secara lebih cepat, kata Xinhua, Rabu pagi. Lembaga tersebut menyatakan akan mengurangi dampak negatif mengenai kesejahteraan mental.

Antara April dan September 2016, bank-pangan Trussell Trust di seluruh Inggris membagikan 519.342 pasokan makanan darurat untuk tiga-hari kepada orang yang berada dalam krisis dibandingkan dengan 506.369 paket selama priode yang sama tahun lalu.

Setelah masalah manfaat kesejahteraan, penghasilan rendah adalah penyebab terbesar kedua dari krisis tersebut, dengan jumlah hampir satu dalam empat dari semua rujukan badan bantuan tersebut. Badan itu mengatakan orang meminta bantuan dari bank-pangan karena menghadapi masalah seperti gaji rendah, pekerjaan yang tak terjamin atau kenaikan harga.

CEO Trussell Trust David McAueley mengatakan, "Untuk menghentikan kelaparan di Inggris kita harus memastikan sistem kesejahteraan berjalan secara adil dan menarik, dan membawa rakyat ke posisi mereka tak mempunyai uang untuk membeli makanan."

Di London Trussell Trust menyerahkan 50.000 paket makanan kepada banyak keluarga. Namun jumlah paling banyak paket makanan yang dibagikan ialah di wilayah industri di bagian timur-laut Inggris, dengan hampir 78.000 keluarga dibantu selama enam bulan belakangan. Skotlandia adalah yang kedua dengan hampir 66.000 paket dibagikan.

Trussell Trust mengatakan datanya tak bisa digunakan untuk sepenuhnya menjelaskan luasnya kemiskinan pangan di seluruh Inggris sebab jumlahnya hanya berkaitan dengan bank-pangan Trussel Trust dan bukan dengan ratusan lagi penyedia bantuan pangan independen.

"Tak ada data resmi mengenai proyeksi lain bantuan makanan, tapi perkiraan menunjukkan tampaknya ada jumlah yang sama lagi dari proyek ala bank-pangan non-Trussell Trust," kata seorang juru bicara badan bantuan tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016