Padang (ANTARA News) - Hari Kamis besok (10 November) adalah Hari Pahlawan. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengimbau masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan Hari Pahlawan.

"Pengibaran bendera ini sebagai bentuk penghormatan kita terhadap jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan di Republik Indonesia," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat, Ali Asmar, di Padang, Rabu.

Menurut dia, tanpa perjuangan dan pengorbanan pahlawan, Indonesia belum tentu akan menjadi seperti yang sekarang ini. Karena itu masyarakat, terutama generasi muda harus selalu mengingat jasa para pahlawan.

Selain masyarakat, imbauan juga ditujukan kepada seluruh instansi yang ada di Sumatra Barat baik Satuan Kerja Perangkat Daerah maupun instansi vertikal.

"Kita juga meminta masyarakat ikut mengheningkan cipta serentak selama 60 detik pada pukul 08.15 WIB bersamaan dengan upacara bendera," tuturnya.

Ia mengatakan, imbauan itu sesuai surat Menteri Sosial Nomor 980/SJ/S-5185/10/2016 pertanggal 21 Oktober 2016 perihal pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2016.

"Kita berharap peringatan hari pahlawan tahun ini menjadi momentum untuk menyatukan semangat membangun negeri dalam bingkai kebhinekaan sesuai tema Hari Pahlawan tahun ini Satukan Langkah untuk Negeri," ujarnya.

Bung Karno berkata: "Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya."

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016