Beijing (ANTARA News) - Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping memyampaikan ucapan selamat kepada Donald Trump yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) pada pemilihan Selasa (8/11).

Presiden Xi mengatakan, Rabu, Tiongkok dan AS memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama memelihara perdamaian dan stabilitas keamanan bagi pembangunan global.

Ia berharap kedua pihak dapat saling mengelola perbedaan melalui mekanisme yang konstruktif untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara bagi kemakmuran rakyat kedua bangsa dan dunia.

Sebelumnya juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lu Kang mengatakan selama ini hubungan antara Tiongkok dan AS, termasuk dalam kerja sama ekonomi, perdagangan, telah berjalan sangat baik.

Kedua negara telah memiliki konsensus, mekanisme, serta kerangka kerja sama yang baik.

Kemenangan Trump dipastikan pada Rabu (9/11) pukul 02.30 dini hari waktu bagian timur AS.

Sejumlah lembaga survei memproyeksikan kemenangan Trump di negara bagian Wisconsin yang memberikan 270 electoral votes yang diperlukan Trump untuk menjadi penghuni baru Gedung Putih.

Aroma kemenangan pebisnis yang lahir pada 14 Juni 1946 ini sudah mulai tercium setelah dia tanpa terduga menghancurkan benteng pertahanan "Blue Firewall" Hillary.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016