Jakarta (ANTARA News) - Salah seorang veteran pejuang kemerdekaan, Wimo Sumanto, mengingatkan kepada para pemuda Indonesia untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dalam berjuang membangun bangsa Indonesia.

"Pemuda ya harus punya jiwa nasionalis, cinta bangsa dan cinta Tanah Air," kata Wimo ditemui Antara saat Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan 2016 di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis.

Menurut Wimo, penghargaan pemerintah kepada veteran pejuang kemerdekaan RI dirasakan sudah baik.

Wimo juga menceritakan sedikit kisahnya yang telah mengikuti beberapa pertempuran di antaranya pertempuran tiga hari di Magelang, Jawa Tengah, yang dipimpin langsung oleh Jenderal Ahmad Yani yang pada kala itu masih berpangkat Letnan Kolonel.

"Waktu itu tiga hari pertempuran di Magelang tanggal 19, 20 sampai 21 November 1945. Pada hari ketiganya kita dapat bantuan serangan dari pasukan Purwokerto, pasukan pimpinan Kolonel Sudirman pada waktu itu," jelas Wimo.

Veteran itu juga menjelaskan sejumlah lencana yang terpasang di dada jas yang dipakai olehnya.

Beberapa lencana berbahan logam berwarna kuning dan selempang pejuang perintis kemerdekaan itu merupakan penghargaan yang didapat olehnya sebagai pejuang seperti pada operasi Trikora merebut Irian Barat kemudian juga bintang perlawanan gerilya.

"Ini logo pasukan komando saya dari Brigade 17. Bertugas di seluruh Jawa pada perang kemerdekaan," ujar Wimo bersemangat.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla memperingati Hari Pahlawan 2016 dengan melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara juga melakukan peletakan karangan bunga ke tugu pahlawan di taman makam pahlawan tersebut.

Presiden dan Wapres juga melakukan ramah tamah dengan Warakawuri dan keluarga Pahlawan Nasional Perintis Kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan di Gedung Konvensi TMP Nasional Utama.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016