Washington (ANTARA News) - Bernie Sanders, Rabu waktu setempat, mengatakan siap bekerja dengan presiden terpilih Amerika Serikat  Donald Trump jika dia ingin "meningkatkan kehidupan keluarga bekerja."

"Donald Trump memicu kemarahan masyarakat kelas menengah yang muak dan lelah dengan perekonomian, politik dan media yang dikuasai elite," ujar Senator Vermont itu dalam sebuah pernyataan menyusul kemenangan sang miliarder yang mengejutkan AS dan seluruh dunia tersebut.

"Jika Trump serius mengupayakan kebijakan yang dapat meningkatkan kehidupan keluarga yang bekerja di negara itu, saya dan kaum progresif lain siap bekerja dengannya," tambah Sanders, tokoh independen berhaluan kiri yang menyerukan revolusi politik.

"Jika dia mengusahakan kebijakan rasis, seksisme, xenofobia dan antilingkungan, kami akan menentang keras," katanya seperti dilansir AFP.

Seperti halnya Sanders - yang mengecam pengaruh korup elite kaya negara itu dalam politik dan menganjurkan pendidikan umum gratis serta perawatan kesehatan secara universal - Trump berusaha mengajak masyarakat AS yang merasa tersisih dari globalisasi ekonomi.

Namun, tidak seperti Sanders, Trump mengusulkan pemotongan pajak bagi warga terkaya AS dan mengatakan bahwa persekongkolan untuk menghindari pembayaran pajak pendapatan perorangan sampai jutaan dolar membuktikan dia cerdas.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016