Saya mendapat suatu tawaran, namun itu bukan tawaran yang cukup bagus untuk saya ambil."
Sao Paulo (ANTARA News) - Pebalap Denmark Kevin Magnussen akan membalap untuk Haas pada musim depan, mengisi tempat pebalap Meksiko Esteban Gutierez, demikian diumumkan tim Formula 1 yang dimiliki orang Amerika Serikat (AS) itu, Jumat.

Pebalap berusia 24 tahun itu masih membela Renault di musim ini, dan akan bermitra dengan pebalap Prancis Romain Grosjean.

"Dari saat kami mulai melihat para pebalap, Kevin Magnussen selalu masuk dalam daftar incaran kami," kata pendiri dan ketua tim Gene Haas dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah latihan Grand Prix Brazil.

Ia pun menimpali, "Dirinya mencapai banyak hal dalam periode waktu yang sangat pendek, dan kami merasa ia dapat meraih banyak hal bersama kami."

"Musim kedua kami akan menghadirkan sejumlah tantangan baru, dan kami merasa bahwa memasangkan Kevin dengan Romain akan membantu kami mengembangkan mobil kami dan meneruskan pertumbuhan kami," katanya menambahkan.

Pengumuman ini sudah diduga sebelumnya, karena Gutierrez telah mengungkapkan pernyataan melalui Facebook kemarin malam yang memberitahukan kepada para penggemarnya, bahwa ia hengkang.

Pebalap Meksiko itu, yang gagal mencetak angka pada tahun ini dan finis dengan raihan poin hanya dalam satu balapan selama hampir tiga tahun membalap, menghadapi masa depan yang tidak pasti, di mana bekas timnya Sauber dan Manor belum mengungkapkan susunan pebalapnya.

Magnussen telah berkata kepada para pewarta di Interlagos pada Kamis (10/11) bahwa meninggalkan Renault merupakan keputusannya.

"Saya mendapat suatu tawaran, namun itu bukan tawaran yang cukup bagus untuk saya ambil. Jika mereka berkomitmen terhadap kontrak yang lebih panjang, maka saya mungkin akan melihatnya secara lebih baik, dengan lebih serius," ujarnya.

Sumber yang dekat dengan kesepakatan itu berkata kepada Reuters di awal pekan bahwa Magnussen telah menyepakati kontrak multi tahun dengan Haas, tim pertama yang dimiliki AS di Formula 1 selama rentang waktu 30 tahun.

Grosjean bergabung dengan Haas pada akhir musim lalu dari Lotus, tim yang sekarang menjadi Renault. Ia telah mencetak 29 angka pada tahun ini, mengangkat tim ke peringkat kedelapan di klasemen kejuaraan.

"Lebih dari setahun silam saya membuat keputusan untuk bergabung dengan Tim F1 Haas, dan itu jelas merupakan keputusan yang tepat," kata pria Prancis itu.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016