Bila perlu pemerintah mengeluarkan travel warning bagi WNI baik yg saat ini sedang di AS maupun yang akan berpergian agar mereka berhati-hati,
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia sebaiknya meminta kepada Pemerintah Amerika Serikat untuk melindungi warga negara Indonesia, kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana.

"Saat ini diberitakan di AS terjadi berbagai intimidasi terhadap kaum minoritas dan mereka yang menggunakan atribut Islam," ujarnya.di Jakarta, Sabtu.

Pihak-pihak yang mengintimidasi seolah memiliki legitimasi setelah kemenangan Presiden Terpilih Donald Trump.

"Bila perlu pemerintah mengeluarkan travel warning bagi WNI baik yg saat ini sedang di AS maupun yang akan berpergian agar mereka berhati-hati," ujar dia.

Pemerintah juga bisa menyampaikan agar bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk segera mengontak perwakilan RI terdekat.

"Pemerintah Indonesia juga perlu mendorong perwakilan AS yang ada di Indonesia untuk melakukan sosialisasi bahwa kampanye Trump yang kerap sangat merugikan Islam akan berbeda saat Trump menjadi Presiden," kata Hikmahanto.

Hal tersebut dilakukan, lanjutnya, untuk mencegah kompleksitas ketika pemerintah Indonesia melakukan hubungan dengan pemerintah AS dibawah Presiden Trump.

"Jangan sampai pemerintah dituding oleh publiknya mau bekerjasama dengan pemerintah suatu negara yang tidak bersahabat dengan Islam," kata dia.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016