Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa demokrasi yang dijalankan di Indonesia semakin matang dan keberhasilannya diakui oleh dunia internasional.

"Banyak capaian 19 tahun reformasi Indonesia. Dunia mengakui kita berhasil melakukan demokrasi. Dunia juga mengakui walaupun di Indonesia mayoritas Muslim, demokrasinya semakin hari semakin matang," katanya dalam Pra Temu BEMNAS IX di Universitas Trisakti, Jakarta, Minggu.

Zulkifli mencontohkan, pada Pilkada 2016 lalu, terlaksana 260 pemilihan kepala daerah yang berlangsung dengan baik dan tidak ada konflik yang terjadi.

"Di Kalimantan Tengah, gubernurnya beragama Kristen padahal mayoritas penduduknya Islam, tidak ada masalah, tidak ada demo tidak ada ribut. Tidak ada satu pun orang tersakiti dan tak ada rumah yang dibakar," katanya.

Di Nusa Tenggara Timur juga begitu, lanjutnya, Ketua DPRD yang menjabat beragama Islam dengan mayoritas penduduk Kristen dan tidak terjadi persoalan.

"Itu namanya Pancasilais. Jadi reformasi kita tidak hanya terjadi hal negatif tetapi juga banyak capaian-capaian yang kita torehkan," kata Zulkifli.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016