Los Angeles (ANTARA News)- Tatkala Jackie Chan melihat piala Oscar di rumah Sylvester Stallone 23 tahun silam, saat itulah momen yang membuatnya memutuskan bahwa dia juga ingin mendapatkannya.

Sabtu pekan lalu waktu AS pada penghargaan tahun Governors Awards, aktor China dan bintang seni bela diri itu akhirnya menerima patung emas kecilnya, sebuah Oscar kehormatan untuk menghormati berpuluh-puluh tahun kiprahnya dalam dunia film.

"Setelah 56 tahun dalam industri film, setelah membuat lebih dari 200 film, akhirnya," kata Chan (62) pada gala dinner bertabur bintang, sembali memegang Piala Oscar miliknya.

Aktor ini terkenang saat menyaksikan seremoni penganugerahan Oscar bersama orang tuanya. Ayahnya selalu bilang mengapa dia tidak pernah mendapatkan Oscar padahal sudah begitu banyak film dibintangi.

Dia menyanjung kota kelahirannya Hong Kong karena telah membuatnya "bangga menjadi orang China". Dia juga berterima kasih kepada para penggemar dengan menyebut mereka alasan "saya terus membuat film, melompati jendeal, menendang dan memukul, meremukan tulang-tulang saya."

Sang aktor diperkenalkan oleh rekan mainnya dalam Rush Hour" Chris Tucker, kemudian aktris Michelle Yeoh dan Tom Hanks yang menyebutnya "Jackie 'Chantastic' Chan."

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences, yang menyelenggarakan seremoni tahunan itu, juga menganugerahkan Oscar kehormatan untuk editor film Inggris Anne V. Coates, sutradara Lynn Stalmaster dan pembuat film dokumenter Frederick Wiseman.

Gala dinner itu dihadiri oleh elite Hollywood, termasuk Denzel Washington, Lupita Nyong'o, Nicole Kidman, Emma Stone, Ryan Reynolds, Amy Adams dam Dev Patel, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016