Jakarta (ANTARA News) - Ponsel kini menjadi alat yang layak untuk ber-swafoto walaupun Anda tidak menggunakan aplikasi foto apa pun di perangkat Android dan iOS. 

Ada banyak filter dan tambahan yang dibuat agar selfie menjadi semakin menyenangkan di berbagai aplikasi kamera.

Berikut ini lima aplikasi selfie yang menyediakan filter, selfie dan berbaga fitur suntingan, seperti yang dikutip dari laman Phone Arena.

1. YouCam Perfect
Aplikasi ini memungkinkan retouch foto seperti mencerahkan warna kulit, menambah filter, menghilangkan kerut, jerawat, mata berkantung, mengubah bentuk wajah sampai membuat terlihat kurus. YouCam Perfect juga memiliki efek beautifying real-time sehingga pengguna dapat berfoto dan membuat video pendek sambil mengaktifkan filter.

Deteksi beberapa wajah sekaligus membuat aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto bersama, seperti memperbesar mata dan menghilangkan kantung mata.

Foto badan penuh, full body, juga dapat diedit dengan efek pelangsing pinggang dan kaki yang lebih jenjang. Ada juga fitur untuk mengedit latar foto. 

2. B612
B612 punya 25 filter untuk selfie, stiker dan efek deteksi wajah, video 15 detik dengan efek, collage shot, selfie 3D, vignette, tilt-shift dan juga pengatur waktu. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk embagikan foto di jejaring sosial Facebook, Twitter dan Instagram.

3. Retrica
Retrica memungkinkan penggunanya untuk berfoto dan video dengan 120 fitur real-time, membuat gif, mengacak fitur, dekorasi foto dan video dengan efek Stamp, serta langsung mengunggah hasilnya ke Facebook, Twitter dan Instagram.

4. Cymera
Cymera menawarkan ratusan efek dan filter selfie, tujuh lensa kamera dan juga grid untuk menggabungkan hingga sembilan foto. Ada juga 200 jenis efek rambut dan riasan, juga bentuk tubuh hingga mengubah kecerahan.

Cymera menyediakan topeng binatang, filter cantik, efek terang dan juga bingkai. Fitur kuas dapat digunakan untuk menulis, menggambar dan juga berbagi foto.

5. SNOW
SNOW dapat digunakan untuk mengambil foto dengan efek wajah konyol dan langsung mengirimkannya ke teman, merespons unggahan teman dengan teks dan animasi GIF, serta berbagi momen. Aplikasi ini juga punya fitur Stories, yang dapat memuat video dengan urutan waktu dan akan hilang dalam 48 jam. Foto dan video yang diunggah melalui SNOW hanya dapat dibalas dalam 24 jam dan pengguna akan mendapat notifikasi bila ada yang mengambil screenshot.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016