Dubai (ANTARA News) - Pengusaha terkemuka Dubai Mohamed Alabbar, Minggu (13/11), mengumumkan peluncuran situs e-commerce regional yang nilainya mencapai satu miliar dolar Amerika (sekitar Rp13,3 triliun) dalam sebuah usaha patungan bersama badan dana kekayaan pemerintah Saudi dan investor lainnya di Teluk.

Situs noon.com akan beroperasi secara online pada Januari dengan investasi sebesar 50 persen dari badan Dana Investasi Umum (Public Investment Fund/PIF) kerajaan tersebut dan sisanya dari sekitar 60 investor yang dipimpin oleh Alabbar, yang mengepalai perusahaan real estate emirat, Emaar.

Dalam sebuah konferensi pers, dia mengatakan bahwa beberapa pusat distribusi didirikan di kota Saudi, Riyadh dan Jeddah, bersama dengan sebuah gudang raksasa yang ukurannya 60 kali lebih besar dari stadion sepak bola di Dubai, AFP.  

“Kami ingin menjadi pemain dunia tetapi terlebih dahulu akan berfokus di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab,” ujar presiden Emaar, perusahaan yang membangun gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai.

Dengan persediaan awal sebanyak 20 juta produk, retailer online itu ditujukan akan diperluas sampai Mesir, negara dengan jumlah penduduk paling padat di dunia Arab, pada akhir tahun depan atau awal 2018.

Produk-produk yang akan dijual meliputi produk busana, buku, rumah dan kebun, elektronik, olahraga, kesehatan dan kecantikan, perawatan pribadi, mainan, serta produk anak dan bayi.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016