Jakarta (ANTARA News) - Daftar berisi 27 film animasi telah diajukan untuk dipertimbangkan dalam nominasi film animasi Oscar yang akan resmi diumumkan pada 24 Januari 2017.

Daftar film animasi yang diumumkan oleh the Academy of Motion Picture Arts and Sciences tersebut didominasi oleh studio besar seperti Disney yang diwakili oleh Pixar dengan "Finding Dory" dan Disney Animation dengan "Zootopia" dan "Moana".

Sedangkan Universal diwakili oleh Iluminasi dengan "The Secret Life of Pet" dan "Sing", sementara DreamWorks Animation diwakili oleh Fox dengan "Kung Fu Panda 3" dan "Trolls" dan Blue Sky "Ice Age: Collision Course",

Sementara itu, Sony juga memperebutkan nominasi animasi dengan "The Angry Birds Movie" yang juga diwakili oleh R-rated dengan"Sausage Party", sedangkan Warner Bros dengan "Storks".

Tidak hanya oleh studio animasi besar, nominasi film animasi Oscar juga diperbutkan oleh film animasi dari sejumlah negara, termasuk dari Swiss. Bahkan, Netflix juga ikut "bertanding" dengan film animasi "The Little Prince".

Berikut daftar lengkap 27 film animasi yang akan memperebutkan 5 tempat untuk dinominasi dalam film animasi Oscar 2017, seperti dilansir dari Hollywood Reporter.

1. The Angry Birds Movie
2. April and the Extraordinary World
3. Bilal
4. Finding Dory
5. Ice Age: Collision Course
6. Kingsglaive Final Fantasy XV
7. Kubo and the Two Strings
8. Kung Fu Panda 3
9. The Little Prince
10. Long Way North
11. Miss Hokusai
12. Moana
13. Monkey King: Hero Is Back
14. Mune
15. Mustafa & the Magician
16. My Life as a Zucchini
17. Phantom Boy
18. The Red Turtle
19. Sausage Party
20. The Secret Life of Pets
21. Sing
22. Snowtime!
23. Storks
24. Trolls
25. 25 April
26. Your Name
27. Zootopia

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016