Serang (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) akan membuat pelabuhan sebagai sarana penyeberangan dan pusat ekonomi.

Pelaksana Tugas Direktur Utama ASDP Faik Fahmi di Pelabuhan Merak Cilegon Banten, Selasa, mengatakan akan mengubah kesan pelabuhan menjadi lebih aman dan nyaman.

"Pelabuhan selama ini kesannya kurang ramah, sopir truk, preman ,dan lain-lain. Kesan kurang aman dan kurang nyaman ini perlu kita hilangkan," kata Faik.

Dia mengemukakan pelabuhan yang dimiliki oleh ASDP akan dikomersilkan seperti membangun restoran khas, destinasi wisata, dan pusat logistik.

"Misalnya kalau mau makan sea food yang enak dengan pemandangan kapal-kapal, bisa di (pelabuhan) Merak. Atau kita bangun pusat logistik," kata Faik.

Sementara untuk pelabuhan-pelabuhan yang berlokasi di daerah wisata, ASDP akan membuat pelabuhan yang diisi dengan kapal-kapal pesiar untuk berpelesir.

 Faik menyebut potensi pengembangan pelabuhan ASDP sangat besar dikarenakan banyaknya lahan menganggur yang tidak dimanfaatkan.

Dia mengatakan ASDP sudah mendapat beberapa tawaran kerja sama dengan beberapa perusahaan lain terkait inovasi-inovasi yang bisa dilakukan.

Namun Faik menekankan saat ini perseroan lebih fokus kepada hal-hal yang bisa dilakukan sesuai yang diatur oleh regulasi.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016