Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan Cleveland Cavaliers memetik kemenangan dalam laga lanjutan NBA yang berlangsung ketat dan berakhir ketat dengan skor 121-117 atas Toronto Raptors di Quicken Loans Arena, Ohio, Amerika Serikat, Rabu WIB.

Kemenangan tersebut diraih berkat LeBron James yang hampir mencapai triple-double dengan catatan 28 poin, sembilan rebound dan 14 assist.

Selain James, dua punggawa Cavaliers lainnya juga membukukan double-double, yakni Kevin Love dengan 19 poin dan 13 rebound serta Tristan Thompson yang mencetak 15 poin dan mengamankan 11 rebound, sedangkan Kyrie Irving dan Channing Frye masing-masing mencetak 24 poin dan 21 poin bagi tuan rumah.

Sebaliknya di kubu Raptors, Kyle Lowry jadi penyumbang angka terbanyak dengan mencetak 28 poin disusul DeMar DeRozan, yang sayangnya gagal melanjutkan catatan positif mencetak 30 poin atau lebih dengan hanya mengantongi 26 poin di pertandingan tersebut.

Berkat hasil tersebut, Cavaliers masih memuncaki klasemen sementara Wilayah Timur dengan raihan sembilan kemenangan dan satu kekalahan (9-1), sementara Raptors (7-3) berada di urutan ketiga.

Cavaliers, tampil cukup konsisten di sepanjang laga tersebut dengan akurasi tembakan 53 persen dan mencetak sekurang-kurangnya 30 poin di setiap kuarter.

Raptors membuka pertandingan dengan tembakan tiga angka dari Norman Powell dan dunk Pascal Siakam hingga memegang keunggulan 15-8 lewat tembakan dua angka Lowry di sisa waktu tujuh menit 37 detik kuarter pertama.

Namun tuan rumah perlahan mengejar dan menyamakan kedudukan 17-17 lewat Richard Jefferson, sebelum disusul tembakan dua angka James yang membalikkan keadaan menjadi 19-17 di sisa waktu empat menit kuarter pertama.

Kedua tim sempat terlibat saling kejar angka, sebelum tembakan tiga angka Mike Dunleavy membawa Cavaliers menjauh 26-23 dan akhirnya menutup kuarter pertama dengan keunggulan 30-23 atas Raptors lewat dunk dari Thompson.

Raptors berusaha mengejar ketertinggalan di kuarter kedua dan tembakan dua angka DeRozan pada sisa waktu empat menit satu detik kuarter kedua mengubah kedudukan menjadi 51-52. Mereka bahkan sempat merebut keunggulan 55-54 lewat lay-up Jonas Valanciunas di sisa waktu dua menit 49 detik kuarter kedua.

Sayangnya, Cavaliers kembali merebut keunggulan mereka lewat lima poin beruntun dicetak Love di pengujung kuarter kedua demi menutup paruh pertama pertandingan dengan keunggulan 61-57 atas Raptors.

Hal itu tak membuat Raptors patah semangat dan kembali merasakan keunggulan 74-73 lewat tembakan tiga angka DeRozan pada sisa waktu enam menit 37 detik kuarter ketiga. Meski demikian, Cavaliers lantas meraup skor 18-5 demi memegang keunggulan 91-79 atas Raptors di sisa waktu satu menit 17 detik kuarter ketiga.

Lima poin tambahan yang dicetak Raptors membuat mereka mendekat 84-91 di pengujung kuarter ketiga.

Raptors kembali merebut keunggulan 101-98 lewat dunk Valanciunas di sisa waktu enam menit 37 detik kuarter keempat, bahkan mereka menjauh 107-101 satu setengah menit berselang.

Cavaliers baru memperoleh kembali keunggulan di sisa waktu satu menit 57 detik lewat Irving yang membuat kedudukan menjadi 113-112, dan selepas itu kedua tim bergantian memegang keunggulan, sebelum James membawa tuan rumah menjauh 119-115 di sisa waktu 37 detik.

Keunggulan itu berhasil dipertahankan hingga pertandingan ditutup dengan skor 121-117 untuk kemenangan Cavaliers atas Raptors.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016