Laporan ini membahas kemampuan teknologi quantum dot dalam memperluas rentang warna TV dan meningkatkan performa HDR

 

NORWALK, Connecticut--(Antara/BUSINESS WIRE) -- Insight Media hari ini merilis laporan resmi Quantum Dots will Power Display Products to the Next Level yang membahas seputar seluk beluk teknologi quantum dot dan penggunaannya pada layar. Chris Chinnock, penyusun laporan yang membahas beragam topik mulai dari opsi gamut wide color, High Dynamic Range (HDR), hingga seluk beluk seputar teknologi quantum dot.

 

Laporan ini memberikan gambaran menyeluruh dari tiga teknologi yang umum digunakan untuk menciptakan gambar wide color gamut (WCG): OLED, LCD, dan quantum dot.

 

Untuk kasus OLED TV, sebagai contoh, meskipun teknologi ini mampu memproduksi sebagian besar color gamut DCI-P3 secara komplit pada tingkat pencahayaan rendah, batasan pada emisi puncak (peak emission) dan tingkat keterangan mempengaruhi kapasitas rendering warna dari gambar. Hal ini menyebabkan gambar terlihat tidak optimal pada tingkat pencahayaan yang tinggi dan mengurangi volume warna pada gambar. Pengimplementasian struktur micro-cavity pada layar OLED memungkinkan terciptanya warna-warna yang lebih tersaturasi dan gamut warna yang lebih lebar. Dampak untung-rugi yang ditimbulkan struktur ini ialah penyempitan sudut pandang dari layar tersebut.

 

Laporan sebanyak 27 halaman tersebut menggali teknologi yang berada dibelakang masing-masing tipe layar dan membahas setiap keunggulan dan kelemahannya.

 

Berikut adalah topik-topik yang diulas di laporan ini: (Silakan gunakan gambar tabel konten dibawah ini)

 

- Opsi Wide Color Gamut

  - Layar OLED

    - Struktur pemancar (emitting)

    - struktur micro-cavity

    - Arsitektur piksel

  - Layar LCD

    - Arsitektur layar

    - Opsi peredupan (dimming)

    - WCG oleh Phosphor-Enchanced LED

    - WCG oleh Adjusting Color Filtering

  - Layar Quantum Dot

    - Teknologi quantum dot

    - Film quantum dot

    - Tabung quantum dot

    - Perangkat LED on-chip dengan quantum dot

    - Quantum dot yang digerakan oleh listrik

  - Kesimpulan

 

"Quantum dot adalah materi canggih yang dapat kita eksplorasi lebih jauh lagi," catat president dan founder Insight Media, Chris Chinnock. "Laporan resmi ini mengungkapkan potensi teknologi quantum dot dalam teknologi layar, khususnya mengingat kapabilitas warna layar kini telah diperluas hingga dapat meraih gamut warna BT.2020. Selain itu, teknologi ini pun dapat digunakan di banyak pengaplikasian lain mulai dari sel surya hingga pencahayaan dan bioimaging, oleh karena itu, teknologi ini memiliki manfaat yang luar biasa."

 

Teknologi quantum dot kini banyak dipakai pada layar LCD, sehingga memberikan WCG yang lebih luas dibandingkan dengan layar OLED dan teknologi LCD lainnya. Bila dipasangkan dengan HDR, layar quantum dot akan memberikan performa gambar yang terbaik dibandingkan teknologi gambar lainnya yang ada di pasaran."

 

Untuk mengunduh laporan resmi selengkapnya, Quantum Dots will Power Display Products to the Next Level, silakan kunjungi: Insight Media.

 

Tentang Insight Media

Insight Media adalah lembaga konsultan yang berfokus pada teknologi pencitraan dan gambar termutakhir untuk pasar penyiaran, perfilman, professional AV, elektronik konsumen, dan layar. Untuk info lebih lanjut, silakan klik www.insightmedia.info.

 

Baca versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20161115005622/en/

 

Kontak

 

Insight Media

Chris Chinnock, 203-831-8464

Chris@insightmedia.info

 

Sumber: Insight Media

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016