Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono mengatakan akan terus mengembangkan metode sosialisasi Empat Pilar MPR bagi anak-anak, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini (Paud).

"Sekarang itu yang sedang kita kembangkan. Kemarin kita melakukan metode-metode untuk segmentasi anak-anak, tetapi belum semuanya bisa terjangkau," katanya di sela sosialisasi Empat Pilar di Kudus, Jawa Tengah, Kamis.

Maruf mencontohkan, MPR sebelumnya telah melakukan sosialisasi kepada anak tingkat Paud lewat menggambar dan mewarnai objek-objek yang berkaitan dengan Empat Pilar, antara lain Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, termasuk Gedung DPR RI.

Untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, MPR melakukannya lewat lomba cerdas cermat. Sedangkan untuk perguruan tinggi dilakukan melalui lomba karya tulis.

"Pemasyarakatan Empat Pilar MPR untuk seluruh warga bangsa, bahkan kita berusaha menyentuh seluruh segmen, dari anak kecil sampai dewasa," kata Maruf.

Ia menjelaskan, salah satu unsur Empat Pilar, yaitu Pancasila, merupakan ideologi semua warga bangsa sehingga tidak memandang segmentasi manapun.

"Kita juga mengajak pengamen untuk menciptakan lagu yang berkaitan dengan Empat Pilar MPR. Itu artinya semua segmen tersentuh," ujar Maruf.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016