AsiaNet 66585

GUANGZHOU, Tiongkok, Nov. 17, 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Guangdong Southern Finance and Economics Omnimedia Group diresmikan di Guangzhou pada 17 November, menandai berdirinya kelompok omnimedia pertama di Tiongkok.

Guangdong Southern Finance and Economics Omnimedia Group ini dikabarkan menggabungkan sumber daya media keuangan dan ekonomi terbaik serta aset produktif Nanfang Media Group dan Guangdong Radio and Television Station. Dengan strategi media, institusi dan format silang, kelompok ini mengambil "media", "data" dan "transaksi" sebagai bisnis intinya dan akan berupaya mengembangkan diri menjadi model transformasi media.

Pendirian kelompok ini tidak hanya mengatur konvergensi media tapi juga merupakan langkah besar dalam strategi media yang melayani negara, menjaga keamanan informasi keuangan dan ekonomi nasional serta berkompetisi untuk hak menyatakan pendapat dan standar di bidang keuangan dan ekonomi internasional.

Pada upacara peresmiannya, media keuangan dan ekonomi baru yang berfungsi sebagai "kapal induk" ini menyampaikan tiga target: membangun kelompok itu menjadi pewarta bisnis berkelas dunia, penyedia informasi keuangan komprehensif dalam negeri dan penggerak baru bagi industri budaya modern. Dengan ambisi untuk menyaingi Bloomberg, penyedia informasi keuangan dan ekonomi terbesar dunia, kelahirannya menarik perhatian banyak khalayak di bidangnya.

Munculnya era Internet membawa tantangan yang mengganggu serta peluang historis bagi semua industri termasuk media. Pemimpin senior Tiongkok selalu mementingkan pengembangan konvergensi media dan berupaya mempercepat kemajuan ini sambil memperkuat opini utama.  
 
Bapak Shen Haixiong, Anggota Komite Tetap CPC Guangdong Committee sekaligus Direktur Jenderal Guangdong Provincial Publicity Department, berharap kelompok ini "berawal di Guangdong, fokus pada Tiongkok dengan pengaruh atas Asia Tenggara dan seluruh dunia, berupaya membangun dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun sistem indeks Tiongkok Selatan yang diakui di manca negara di bidang penting tertentu keuangan dan ekonomi yang berfungsi sebagai barometer ekonomi Tiongkok, serta menyuntikkan tenaga baru untuk pengembangan konvergensi media di Guangdong".

Bapak Shen juga menekankan dua prinsip utama. Pertama, Guangdong Southern Finance and Economics Omnimedia Group harus menjaga keamanan informasi keuangan dan ekonomi Tiongkok, mengupayakan hak menyatakan pendapat dan standar yang sesuai dengan status ekonomi Tiongkok, mengemban misi nasional, berawal di Guangdong, melaksanakan strategi nasional dan ikut serta dalam kompetisi global.

Sementara itu, segalanya ditentukan oleh pengalaman pengguna. Oleh karena itu, kelompok ini harus berorientasi tuntutan, bersaing ketat meraih pasar dan pengakuan global, mengeksporasi model baru konvergensi media dan membangun kelompok tersebut menjadi jenis media utama keuangan dan ekonomi baru, pewarta bisnis global terkemuka, penyedia informasi keuangan komprehensif dalam negeri dan penggerak baru bagi industri budaya modern.  

Sumber: Information Office of Guangdong Provincial Government of China

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016