Jakarta (ANTARA News) - "Siapapun yang namanya tertulis dalam buku ini akan mati."

Death Note atau buku kematian merupakan buku catatan supernatural yang memberikan kekuatan kepada pemiliknya untuk membunuh dengan hanya menulis nama orang di halaman buku.

Enam Death Note berbeda jatuh ke dunia manusia. Buku tersebut dianggap sebuah senjata sehingga jika memiliki keenam buku tersebut tidak ada kekuatan lain yang menyaingi.

Berlatar 10 tahun setelah kejadian di film sebelumnya, di "Death Note: Light up the New World" (2016) masyarakat kembali diresahkan dengan kematian mendadak para penjahat melaui serangan siber.

Dalam kondisi yang demikian, dua karakter baru yang mewarisi DNA Light Yagami dan L, ditambah satu karakter baru Kurir Kira, memainkan permainan kejar-kejaran mematikan untuk mengumpulkan enam Death Note.

Penerus Light vs penerus L vs kurir Kira

Death Note awalnya adalah sebuah seri manga buatan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata yang direalisasikan dalam majalah yang kemudian dibuat dalam versi anime, lalu diangkat ke layar lebar dalam dua film live-action dan satu spin-off di 2006.

Death Note bercerita tentang pemuda bernama Light Yagami yang pintar dan ambisius, memiliki keinginan untuk membersihkan dunia dari kejahatan.

Suatu hari, dia menemukan sebuah buku bertuliskan Death Note milik Ryuuku, shinigami dari neraka yang kemudian tertarik dengan ambisi Light untuk menjadi "Dewa di dunia baru".

Light membunuh para penjahat dengan julukan Kira (killer). Kira menjadi mendunia, banyak yang menganggap Kira pahlawan juga penjahat. Aksi Light menarik perhatian Interpol dan detektif L yang menawarkan bantuan untuk menangkap Light.

Singkat cerita, Light dan L "bermain" kejar-kejaran mematikan yang berujung pada kematian keduanya. Kemudian, muncul figur-figur baru yang mewarisi DNA Light dan L.

Penerus L, Ryuzaki (Sosuke Ikematsu), bersama rekan satu timnya dalam organisasi yang dibentuk untuk menangani kasus Death Note, Mishima (Mashiro Higashide), melakukan investigasi pada kasus Death Note terbaru.

Meski satu tim, keduanya tidak akur, bahkan Mishima menaruh kecurigaan yang besar kepada Ryuzaki yang berujung pada konflik antar keduanya.

Dalam misi pengejaran Kira baru oleh penerus L dan Mishima, yang muncul lewat terorisme siber, hadir figur baru Shion (Masaki Suda) yang menyebut dirinya kurir Kira.

Dia berambisi untuk mengumpulkan keenam death note dari para pemilik buku kematian tersebut, mulai dari seorang dokter di Rusia, pialang Wall Street di New York, hakim di Jepang, hingga Misa Amane (Erika Toda) pemilik death note yang dekat dengan Light.

Mencegah terkumpulnya enam death note, penerus L bersama Mishima menghadapi kurir Kira, dan kemudian memainkan permainan mematikan penuh aksi yang menuntun pada misteri penerus Light.

Suguhan aksi misteri

"Death Note: Light up the New World" menyajikan suguhan aksi dibalut misteri. Film yang disutradarai oleh Shinsuke Sato tersebut tak hentinya memberikan kejutan di setiap scene-nya.

Inti misteri dari cerita film tersebut juga dikemas apik dan mengundang rasa penasaran. Sayangnya, bagi mereka yang tidak mengetahui cerita Death Note akan cukup sulit untuk mengikuti film tersebut. Sehingga disarankan untuk membaca atau menonton seri-seri film sebelumnya.

Mesi tidak menampilkan aksi bela diri ataupun tembak-tembakan, "Death Note: Light up the New World" sukses memberi kejutan dari awal hingga akhir film diputar.

Dengan film score yang mendukung, ditambah kehadiran dewa dan dewi kematian Ryuk dan Arma, film yang dirilis di Jepang pada 29 Oktober itu membuat "deg-deg-an" seperti saat menonoton film horor.

Rasa humor juga terselip melalui karakter "slengean" Ryuzaki yang diperankan oleh Sosuke Ikematsu.

Tak hanya bintang film "The Last Samurai" (2003) itu saja, "Death Note: Light up the New World" juga menghadirkan jajaran aktor Jepang ternama diantaranya Masaki Suda yang dikenal lewat debut aktingnya pada serial televisi "Kamen Rider W".

Selain para aktor, film tersebut juga dipermanis dengan kehadiran Rina Kawaei, anggota grup idola Jepang AKB48 Tim A.

"Death Note: Light up the New World" akan tayang pada 23 November mendatang di jaringan bioskop CGV Blitz dan Cinemaxx.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016