Bandung (ANTARA News) - Persib Bandung mengalahkan Semen Padang 1-0 (1-0) pada lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu.

Gol kemenangan Persib dicetak oleh striker naturalisasi Sergio van Dijk pada menit ke-41. Dengan gol itu maka memantapkan striker berkepala plontos itu sebagai top skorer Persib dengan tujuh gol.

Disaksikan sekitar 30 ribu pendukung fanatiknya, Persib tampil mendominasi dan menunjukkan peningkatan performance pada laga ke-27 itu. Sepanjang pertandingan Atep dkk mampu menguasai jalannya pertandingan dengan unggul di sektor tengah dan sayap.

Persib juga berhasil melakukan revans atas kekalahan telak 0-4 saat berlaga di Padang pada putaran pertama . Kendati tim asuhan Nel Meizar menerapkan sistem pertahanan berlapis, namun Persib mampu bermain efektif mengamankan kemenangan.

Kendati hanya mampu mencetak satu gol, cukup bagi tim asuhan Jajang Nurjaman untuk naik ke peringkat ke-6 klasemen sementara ISC 2016. Persib mengumpulkan nilai 44 hasil 12 kali menang, delapan seri dan delapan kali kalah. Sebaliknya Semen Padang sementara harus turun ke peringkat ke-9 dengan nilai 42.

"Kemenangan ini sangat strategis dan membantu Persib untuk mendekati papan atas. Kami berharap bisa meningkatkan performance pada laga berikutnya. Pemain memberikan permainan sangat baik hari ini," kata Pelatih Persib Jajang Nurjaman.

Pelatih yang sempat berguru ke Italia itu menargetkan Persib meninggalkan papan tengah dan menembus papan atas pada akhir kompetisi.

Persib mengakhiri dua laga beratnya di kandang dengan kemenangan. Sebelumnya tim Maung Bandung juga mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 2-0. Pada dua laga itu Persib berlaga tanpa dua pemain andalannya Yanto Basna dan Zulham Zamrun yang bergabung dengan Timnas PSSI.

Sementara itu pertandingan Persib Bandung melawan Semen Padang yang digelar malam hari berlangsung dalam tempo sedang. Para pemain Persib silih berganti mensuplay bola untuk van Dijk yang di tempatkan sebagai targetman.

Pada babak pertama Persib menguasai jalannya pertandingan, meski harus menunggu hingga menit ke-41 untuk membobol gawang yang dikawal kiper Jandi Eka Putra. Pemain wing back Kim Jefrey yang melakukan tusukan dari sektor kiri melancarkan umpan tarik ke sektor tengah yang disambut van Dijk dengan tendangan kaki kiri yang meluncur deras menembus sektor kiri gawang Sriwijaya FC.

Pada babak kedua Persib masih melanjutkan dominasinya, namun menjelang akhir babak kedua, Irsyad Maulana dkk beberapa kali mengancam gawang Persib yang dikawal kiper M Natsir yang beberapa kali melakukan penyelamatan. Ia juga berhasil memperpanjang rekor tak terbobol lawan.

Semen Padang melalui Irsyad Maulana dan Marcel Silva sempat meneror kemenangan Persib pada menit-menit akhir, namun Vladimir Vujovic dan Toni Sucipto plus kiper Natsir mampu menyelamatkan gawang Persib dan memastikan meraih tiga angka.

Persib juga memperpanjang tuah pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat Bandung yang selalu berakhir keunggulan bagi Maung Bandung.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016