Budapest (ANTARA News) - Biro Keamanan Rantai Pangan Nasional Hongaria memerintahkan pemusnahan semua unggas, yang terinfeksi maupun tidak, dalam radius satu kilometer dari lokasi wabah flu burung menurut laporan media setempat MTI pada Sabtu (19/11).

Tindakan tersebut ditujukan pada lokasi di dekat Kota Kecil Bugac dan Kiskunmajsa di Daerah Bacs-Kiskun dan melibatkan puluhan ribu unggas. Peternak akan mendapat kompensasi atas kerugian mereka.

Kepala Dokter Hewan Nasional pada Selasa (15/11) memerintahkan agar semua unggas di Daerah Bekes, Bacs-Kiskun dan Csongrad di bagian tenggara dijaga di dalam ruangan guna mencegah terjadinya kontak dengan itik liar yang berimigrasi yang telah menyebarkan virus H5N8.

Tindakan serupa untuk melindungi unggas telah dilakukan oleh Jerman, Austria, Belanda, Prancis, Polandia, Denmark, Kroasia dan Swiss --yang semuanya berisiko karena berada di jalur migrasi itik liar.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), wabah flu unggas mulai muncul dua bulan lalu dan akan terus mengancam Uni Eropa sampai musim semi 2017, demikian siaran kantor berita Xinhua. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016