Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian meminta kalangan mahasiswa, khususnya dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) untuk meningkatkan inovasi di bidang agrobisnis dan teknologi penyuluhan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Pending Dadih Permana pada Temu Inovasi Teknologi Mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian tahun 2016 di Malang Jawa Timur.

Melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin disebutkan Temu Inovasi Teknologi Mahasiswa STPP se-Indonesia yang digelar di STPP Malang selama 18-22 November 2016 itu dimaksudkan untuk mengetahui potensi mahasiswa STPP di bidang inovasi teknologi penyuluhan pertanian dan agribisnis serta untuk mengetahui potensi mahasiswa, olahraga, kesenian dan pengabdian masyarakat.

"Melalui kegiatan ini diharapkan teridentifikasi inovasi-inovasi baru di bidang teknologi penyuluhan dan agribisnis dari proses pembelajaran di STPP yang bermanfaat bagi pembangunan pertanian, khususnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani," ujar Dadih Permana.

Dia mengharapkan kegiatan temu teknologi sebagai ajang untuk meningkatkan, menumbuhkan dan mengembangkan minat mahasiswa berinovasi dibidang teknologi penyuluhan dan agribisnis .

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan sebagai wadah untuk meningkatkan sportifitas, kebersamaan dan kreatifitas untuk menggali bakat dan kemamuan softskill, keolahragaan dan kesenian.

Berbagai kegiatan dalam Temu Inovasi Teknologi Mahasiswa STPP tersebut antara lain Pameran Produk Agribisnis dan Temu Bina Generasi Muda Pertanian, Temu Usaha dengan insan pertanian sukses untuk meningkatkan motivasi generasi muda di bidang pertanian.

Kegiatan tersebut juga berisi pelayanan kepada masyarakat sekitar dengan melakukan Bakti Masyarakat dan dilanjutkan dengan kunjungan widya wisata ke Gunung Bromo untuk mahasiswa STPP dan perwakilan peserta terpilih.

Temu Inovasi Teknologi Mahasiswa STPP tahun 2016 juga menyelenggarakan pertandingan lomba dari berbagai inovasi dalam bidang pertanian seperti inovasi agribisnis agroinput, Inovasi Agribisnis Pengolahan, Inovasi Agribisnis Pemasaran, Inovasi Penyuluhan.

Selain itu lomba dari berbagai cabang olahraga juga dipertandingkan seperti Bola Volley, Futsal, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Catur yang diikuti kontingen dari STPP Medan, STPP Bogor, STPP Magelang, STPP Gowa, STPP Manokwari dan tuan rumah STPP Malang.

(S025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016