Yogyakarta (ANTARA News) - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Yogyakarta mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, sebagian ada yang menimpa rumah dan menutup akses jalan.

"Pohon tumbang terjadi di 10 titik. Ada yang menimpa rumah warga dan menutup akses jalan tetapi tidak ada laporan korban jiwa," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Agus Winarto di Yogyakarta, Senin.

Lokasi pohon tumbang di antaranya berada di Nyutran yang menimpa atap rumah warga, di selatan Rumah Makan Rata-rata di Jalan Meteri Supeno, di depan kantor Inspektorat Kota Yogyakarta, Jalan Panembahan Senopati, di depan Pasar Giwangan dan di depan BI hingga menutup akses jalan.

"Dimungkinkan masih akan ada penambahan lokasi pohon tumbang karena laporan terus masuk. Namun, rata-rata adalah pohon berdiameter sedang," katanya.

Menurut dia, petugas dari Pusdalops BPBD Kota Yogyakakarta langsung bergerak ke lokasi pohon tumbang untuk melakukan evakuasi pohon agar tidak mengganggu akses jalan.

"Penanganan diupayakan dilakukan secara cepat dengan bantuan dari relawan penanggulangan bencana. Kami utamakan evakuasi di tempat yang sekiranya bisa menganggu akses jalan," katanya yang menyebut proses evakuasi pohon terus dilakukan hingga Senin (21/11) malam.

Agus mengingatkan, agar warga tetap mewaspadai berbagai potensi bencana selama musim hujan di antaranya hujan deras disertai angin kencang, genangan dan luapan air sungai, serta tanah longsor.

Sejak akhir Oktober hingga akhir Januari 2017, Pemerintah Kota Yogyakarta sudah menetapkan status siaga darurat bencana untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mewaspadai berbagai potensi yang muncul saat musim hujan.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016