Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Golkar Setyo Novanto berbicara terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat hingga perkembangan politik dalam negara dalam pekan terakhir dalam acara makan bersama di Istana Merdeka Jakarta, Selasa sore.

"Saya tadi banyak bicara terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS, kami banyak bicara di sana. Kemudian juga bicara hal-hal terkait politik kita dalam kurun minggu-minggu ini," kata Presiden usai makan bersama dengan Setyo Novanto.

Selain itu, kata Jokowi, juga membicarakan Partai Golkar dalam menjaga stabilitas dan ketertiban sosial, menjaga kemajemukan bangsa serta kekompakan komponen bangsa.

"Kita tahu semuanya, Partai Golkar memiliki basis dukungan hampir di seluruh wilayah Indonesai, merata dan oleh sebab itu, dalam kesempatan yang baik tadi saya menyambut baik dukungan Partai Golkar," kata Presiden.

Presiden juga menyatakan ada keuntungan kedekatan Setyo Novanto dengan Presiden terpilih AS Donald Trump sehingga bisa membantu hubungan bilateral dengan negara adidaya tersebut.

"Yang jelas kita seneng karena kedekatan Pak Setyo Novanto dengan Donald Trump, kalau ada apa-apa kita minta tolong kepada Pak setyo Novanto," kata Presiden.

Terkait pernyataan Trump bahwa AS menarik diri dari "The Trans-Pacific Partnership (TPP), Jokowi belum bisa memberikan komentar.

"Kalau TPP kan belum, jadi saya tidak bicara itu, karena tahapan di parlemen aja belum kok," jawab Presiden.

Ketua Umum Partai Golkar telah mengapresiasi langkah-langkah Presiden dalam menghadapi situasi politik dalam negeri ini dengan melakukan konsolidasi dengan TNI, Polri dan para ulama.

"Saya memberikan hormat kepada beliau karena dalam situasi demikian bisa memberikan kekuatan kembali kepada masyarakat dan khususnya kesajhteraan rakyar," kata Novanto.

Novanto juga mengungkapkan pihaknya juga melakukan konsolidasi dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa untuk bersama-sama mencarai suasana yang damai.

"Dan tentu dengan partai-partai pendukung maupun partai-partai lain kami juga ingin sekali melakukan silaturahmi," kata Novanto.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016