Dortmund, Jerman (ANTARA News) - Borussia Dortmund mencukur Legia Warsawa dengan skor 8-4 dalam laga penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Jerman, Rabu dini hari WIB.

Marco Reus yang baru kembali tampil merumput bersama Dortmund sejak Mei 2016 lalu membukukan trigol dalam kemenangan timnya, sementara Shinji Kagawa mencetak dwigol dan satu gol disumbangkan oleh Nuri Sahin, Ousmane Dembele serta Felix Passlack.

Sebaliknya di kubu Legia dua gol disumbangkan oleh Aleksandar Prijovic dan dua lainnya dicetak oleh Michal Kucharczyk serta Nemanja Nikoliv.

Kemenangan tersebut sekaligus memastikan tim besutan Thomas Tuchel itu meraih satu tiket ke babak 16 besar. Dortmund saat ini mengoleksi 13 poin, sementara langkah Legia (1) di Liga Champions musim ini dipastikan berhenti di babak penyisihan grup saja.

Tim tamu lebih dulu membuka keunggulan lewat gol Prijovic pada menit 10 saat ia dengan tenang menaklukkan penjaga gawang Roman Weidenfeller dalam duel satu lawan satu.

Meski demikian keunggulan tersebut hanya berumur tujuh menit, lantaran Kagawa mencetak gol dari jarak dekat saat menyelesaikan umpan lambung dari Dembele di area tiang jauh.

Kagawa membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk Dortmund semenit berselang lagi-lagi memanfaatkan umpan kiriman Dembele pada menit 18.

Dortmund memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-1 dua menit berselang saat Sahin berdiri di posisi yang tepat untuk memantulkan bola upaya penjaga gawang Radoslaw Cierzniak menghalau tendangan bebas Reus ke dalam gawang.

Meski demikian sang wakil Bulgaria kembali memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 2-3 pada menit 24 saat Prijovic mencetak gol keduanya setelah menyelesaikan kerja sama apik dengan Bartosz Bereszynski dan menyarangkan bola ke sudut kiri gawang.

Lima menit berselang Dembele mengubah kedudukan menjadi 4-2 saat bola tendangannya tak mampu dihalau secara sempurna oleh Cierzniak.

Kedudukan berubah menjadi 5-2 saat Reus mencetak gol pertamanya di pertandingan tersebut usai menyontek bola umpan tarik Kagawa pada menit 32.

Menit 42, Kagawa menyarangkan bola ke dalam gawang Legia namun gol tersebut dianulir lantaran legiun Jepang itu sudah terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Tujuh gol yang tercipta di babak pertama rupanya belum cukup bagi kedua tim, pada menit 52 Reus mencetak gol keduanya dengan menanduk umpan silang kiriman Dembele demi mengubah kedudukan menjadi 6-2 untuk Dortmund.

Legia kembali memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 3-6 saat Kucharczyk menyambut umpan kiriman Miroslav Radovic pada menit 57.

Pierre-Emerick Aubameyang turun ke lapangan menggantikan Sahin pada menit 70 hampir turut mencatatkan namanya di papan skor, namun sontekannya ditolak oleh tiang kanan gawang pada menit 79.

Passlack justru mencetak gol ketujuh Dortmund di laga tersebut dengan menanduk bola muntah dari sundulan Andre Schuerrle yang gagal diantisipasi sempurna oleh Cirzniak pada menit 81.

Dua menit berselang Nikolic mengubah kedudukan menjadi 4-7 setelah mencetak gol keempat Legia lewat sontekan mudah mengakhiri sebuah serangan balik.

Reus menutup pertandingan dengan catatan trigol usai memanfaatkan umpan kiriman Aubameyang pada menit 90+2.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Roman Weidenfeller (PG); Sebastian Rode, Matthias Ginter, Marc Bartra (Eric Durm), Felix Passlack; Nuri Sahin (Pierre-Emerick Aubameyang); Christian Pulisic, Shinji Kagawa, Gonzalo Castro, Ousmane Dembele (Andre Schuerrle); Marco Reus
Pelatih: Thomas Tuchel

Legia Warsawa (4-4-1-1): Radoslaw Cierzniak (PG); Bartosz Bereszynski, Jakub Czerwinki, Michal Pazdan, Jakub Rzezniczak; Michal Kucharczyk, Michal Kopczynski, Guilherme (Tomasz Jodlowiec), Vadis Odjidja-Ofoe (Nemanja Nikolic); Miroslav Radovic; Aleksandar Prijovic (Mateusz Wieteska)
Pelatih: Jacek Magiera

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016