Rouen, Prancis (ANTARA News) - Seorang pria Prancis yang mewarisi sebuah rumah besar dari mendiang kerabatnya mendapatkan lebih dari yang dia sangka, ketika dirinya menemukan tumpukan koin emas dan emas batangan seberat 100 kilogram, yang disembuyikan di sekitar rumah itu.

"Ada 5.000 emas batangan, dua batang seberat 12 kilogram dan 37 batang seberat 1 kilogram," kata Nicolas Fierfort, juru lelang setempat, kepada AFP.

Pernyataannya itu pun membenarkan sebuah laporan di surat kabar lokal La Depeche.

Fierfort, yang mengunjungi rumah itu untuk menaksir nilai mebel yang akan dijual sang pemilik baru, mengatakan temuan tersebut, senilai 3,5 juta euro, disembunyikan dengan baik.

"Emas itu disimpan di bawah mebel, di bawah tumpukan linen, di kamar mandi... di mana-mana," katanya, mengaku bahwa dia sendiri tidak pernah melihat harta tersebut saat berkunjung ke sana.

Baru setelah sang pemilik baru, yang identitas dan hubungannya dengan pemilik sebelumnya dirahasiakan, mulai memindahkan mebelnya dia menemukan harta tersebut.

Pertama, dia menemukan kotak kaleng berisi koin yang disekrup di bawah perabot. Dari situ, dia menemukan jejak yang berujung pada kotak berisi sebotol wiski dan tempat persembunyian lain hingga dia menemukan jackpot: setumpuk emas batangan yang masing-masing seberat 12 kg.

"Pada saat itu dia menelepon pengacara untuk membuat inventori," kata Fierfort, seperti dilaporkan AFP.

Emas-emas itu ternyata dibeli pada era antara 1950-an dan 1960-an.

Semua sertifikat yang menunjukkan keaslian emas kemudian ditemukan di warisan almarhum. Seluruh emas itu telah dijual ke beberapa pembeli asal Prancis dan internasional.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016