Jambi (ANTARA News) - PT Semen Padang terus mengembangkan usahanya dan salah satu informasi terbaru mereka berencana akan membangun pabrik baru di Provinsi Jambi.

"Rencana pembangunan itu menyusul tingginya permintaan Semen Padang di Jambi dan hingga saat ini, Provinsi Jambi merupakan provinsi terbesar pengorder Semen Padang di Sumatera," kata Direktur Utama Semen Padang, Benny Wendry, di Jambi Rabu.

Untuk saat ini market share di Jambi pada angka 81 persen lebih, menyusul Sumatera Barat. Makanya PT Semen Padang punya niat akan bangun pabrik di Jambi dan Sumatera Barat (Sumbar) memang wajar tinggi sebab di sana merupakan pusatnya.

Menurut Benny, rencana pembangunan pabrik di Jambi itu sudah matang, namun untuk realisasinya belum bisa dilakukan saat ini karena paling cepat bisa beberapa tahun ke depan atau lima tahun lagi.

"Banyak keuntungan bila pabrik dibangun di Jambi, diantaranya biaya operasional sedikit, kemudian stok tidak terbatas dan tentunya menyerap tenaga kerja serta keuntungan-keuntungan lainnya," kata Benny lagi.

Di Jambi saat ini baru punya gudang penyangga yang kapasitasnya terbatas, yaitu hanya 1500 ton. Gudang itu berlokasi di Jalan Lintas Timur Km. 13 Jembatan Aur Duri Jambi Kabupaten Muarajambi dan kalau punya pabrik tentu daya tampung lebih banyak lagi.

PT Semen Padang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang berdiri sejak tahun 1910 dan saat ini mereka sudah mempunyai lebih dari delapan pabrik dan sampai dengan Oktober 2016 market share Jambi sudah mencapai angka 81 persen lebih.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016