Jakarta (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani melaju ke putaran kedua turnamen Hong Kong Terbuka 2016 selepas mengalahkan pasangan tuan rumah dalam tiga game pada pertandingan putaran pertama.

"Kami masih sering kehilangan fokus permainan saat bertanding. Kami juga sering melakukan kesalahan sendiri," kata Ketut selepas pertandingan di Kowloon, Hong Kong seperti tercantum dalam situs PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Jakarta, Rabu.

Anggia/Ketut menang atas pasangan Poon Lok Yan/Tse Ying Suet dalam permainan selama 54 menit dengan skor 18-21, 21-5, 21-19.

Pasangan lawan merebut delapan poin atas Anggia/Ketut pada game kedua sehingga poin lawan melesat dari 11-17 menjadi 19-17 dan meraih game pertama 21-18.

"Lawan mendapatkan poin dari kesalahan kami. Kami sudah bermain dengan nyaman pada game pertama. Tapi, kami justru tertekan dan kesulitan mengatur tempo permainan," kata Ketut.

Kekalahan pada game pertama menjadi pelajaran bagi pasangan putri Merah-Putih itu untuk mengambil kemenangan pada game kedua dan ketiga. Tetapi, pasangan Poon/Tse dapat menyamakan kedudukan menjadi 19-19 pada game ketiga.

"Lawan justru bermain tanpa beban saat kami memimpin pada game ketiga. Kami yang justru ingin buru-buru menyelesaikan pertandingan dan tidak mampu mengontrol emosi permainan," kata ANggia.

Pada pertandingan putaran kedua yang akan berlangsung Kamis (24/11), Anggia/Ketut akan melawan pasangan unggulan pertama asal Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Ganda Misaki/Ayaka melaju ke putaran kedua setelah menundukkan pasangan Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva 21-16, 21-11.

"Kami harus bermain lebih baik pada pertandingan besok dibanding hari ini. Kami harus lebih tenang dalam bermain saat sudah unggul atas lawan," kata Anggia.

Selain Anggia/Ketut, ganda Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari melaju ke putaran kedua setelah mengalahkan sesama pasangan putri Indonesia Ade Magnifiro Khasanah/Fitria Ayu Nawangwulan 21-10, 21-6.

Sementara, pasangan Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta harus tersingkir pada pertandingan putaran pertama setelah kalah dari ganda Korea Selatan Chang Ye Na/Lee So Hee 19-21, 8-21.

Dua ganda putri lain Indonesia juga kalah pada laga pertama turnamen tingkat superseries itu. Mereka adalah pasangan Cynthia Shara Ayunidha/Novi Indriani dan Natasha Herloardjo/Rofahadah Supriadi Putri.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016