West Palm Beach, Florida (ANTARA News) - Donald Trump hari ini menunjuk Gubernur South Carolina Nikki Haley, bekas pengecamnya yang tidak punya pengalaman dalam kebijakan luar negeri,  sebagai duta besar AS untuk PBB.

Haley, salah satu dari dua wanita yang ditunjuk Trump untuk mengisi kabinetnya, adalah "seorang negosiator ulung. Dia akan menjadi pemimpin yang hebat yang mewakili kita di panggung dunia," kata Trump seperti dikutip Reuters.

Pada hari yang sama Trump telah menunjuk donatur kaya Republik dan aktivis pendidikan Betsy DeVos untuk menjadi menteri pendidikan.

Haley, wanita berusia 44 tahun yang merupakan putri seorang imigran asal India, dianggap sebagai harapan Republik untuk wajah baru partainya yang diisi para pemimpin muda beraneka latar belakang.

Haley sempat mengecam Trump karena retorik kerasnya menyangkut imigran ilegal dan karena ketidakmauan Trump mengecam para pembela supremasi kulit putih.

Trump telah memilih kebanyakan tokoh-tokoh pria konservatif untuk mengisi kabinetnya menjelang dilantik 20 Januari  tahun depan nanti.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016