Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyarankan pemerintah Indonesia untuk mendorong negara-negara ASEAN membela etnis Rohingya, Myanmar yang mendapat kekerasan dari militer dan pemerintah Myanmar.

"Indonesia sebagai negara besar dan demokratis di ASEAN harus lebih aktif menjaga stabilitas keamanan di kawasan," kata Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman dalam siaran pers yang diterima Antara, Kamis.

Indonesia harus lebih aktif mendorong pimpinan negara-negara ASEAN agar mendesak pemerintah Myanmar menghentikan seluruh tindak kekerasan, pembunuhan massal, perampasan dan pengusiran terhadap etnis Rohingnya di Rakhine State (Arakan), Myanmar.

Dia mengatakan Indonesia beserta anggota negara ASEAN harus memperjuangkan pengakuan kembali secara legal-konstitusional status etnis Rohingya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara Myanmar.

Indonesia juga harus mendorong negara-negara ASEAN untuk berpartisipasi dalam memberikan fasilitas penampungan sementara bagi para pengungsi Rohingya yang terusir dari negerinya.

Serta menjadikan masalah tersebut sebagai agenda perjuangan bersama di Dewan HAM ASEAN, PBB dan forum internasional lainnya.

PKS sendiri mengecam tindakan kekerasan, pembunuhan massal, perampasan dan pengusiran terhadap etnis Rohingya yang dilakukan oleh pihak Pemerintah dan Militer Myanmar serta kelompok etnis Myanmar lainnya.

"Tindakan tersebut merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak bisa diterima oleh masyarakat Indonesia, negara-negara anggota ASEAN dan juga masyarakat internasional," kata dia,

Dia mengatakan Indonesia juga harus dapat mendesak Aung San Suu Kyi sebagai State Councellor of Myanmar yang juga seorang tokoh penerima hadiah Nobel Perdamaian agar dapat berperan aktif dalam menghentikan kekerasan tersebut.

"Sosok Aung San Suu Kyi yang dikenal dunia internasional sebagai pejuang demokrasi seharusnya mampu mendorong terciptanya situasi yang lebih demokratis dan menghormati hak-hak etnis Rohingya untuk hidup sebagai bagian dari warga negara Myanmar," kata dia,

PKS juga menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk senantiasa mendoakan dan memberikan bantuan kepada etnis Rohingya agar diberikan keselamatan dan kedamaian serta tidak terprovokasi oleh hal-hal yang menimbulkan dampak keamanan dan ketertiban di Indonesia.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016