Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan memantau langsung proses pengamanan pada aksi unjuk rasa terkait kekerasan yang diterima Muslim Rohingya di depan Kedutaan Besar Myanmar, Jumat.

Kapolda Metro Jaya tiba di Jalan Agus Salim, depan Kedubes Myanmar, pada pukul 10.30 WIB dan langsung berkeliling menyapa anggota pasukan gabungan yang sedang berjaga.

"Mau melihat bagaimana pelaksanaannya," kata Irjen Pol Mochamad Iriawan sambil berjalan kaki di depan Kedubes Myanmar.

Kapolda kemudian menemui korps pasukan Brimob Kepolisian yang berjaga di sekitar lokasi unjuk rasa. Kapolda memberikan pengarahan selama lima menit, lalu berbaris bersama pasukan Brimob sambil meneriakan slogan, "Jakarta Aman".

Kapolda mengatakan aksi unjuk rasa pada pagi hari di depan Kedubes Myanmar hanya melibatkan puluhan orang peserta. Namun ada informasi bahwa setelah shalat jumat peserta unjuk rasa akan bertambah hingga 2.000 orang.

"Setelah Shalat Jumat juga ada di situ (Kedubes Myanmar). Aksi yang lain-lain belum ada. Ini sedikit, paling-paling 50-60 peserta," kata dia.

"Siang ada 2.000 massa dari beberapa elemen, ormas Islam dan mahasiswa. Mereka hanya akan menyampaikan pendapat terkait Rohingya," pungkas Kapolda.

Pengamatan Antara News, unjuk rasa Solidaritas Muslim Rohingya masih berlangsung dengan kondusif di depan Kedubes Myanmar. Adapun anggota kepolisian tetap siaga berjaga di sekitar lokasi.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016