Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan perkembangan demokrasi Indonesia semakin hari semakin baik bahkan menyamai kualitas demokrasi di negara maju.

"Level demokrasi Indonesia hampir bahkan menyamai level kualitas demokrasi negara-negara maju seperti Amerika Serikat," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Zulkifli, dalam keterangan tertulis, mencontohkan, Indonesia telah menerapkan otonomi daerah yang sangat luas dan penyelenggaraan Pilkada serentak.

"Pilkada serentak adalah perhelatan demokrasi yang luar biasa ada dan baru di Indonesia. Saking demokratisnya, tahun lalu kita selenggarakan sekitar 260 pilkada dan semua lancar saja tanpa ada kendala," ujarnya.

Meskipun pemilihan presiden yang lalu sempat memanas, katanya, namun presiden terpilih Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang menjadi kompetitornya saat itu, kini menunjukan keakraban mereka dengan saling mengunjungi.

Menurut Zulkifli, dari fakta tersebut terlihat tidak ada yang salah pada sistem demokrasi Indonesia dan rakyat juga sangat elegan tidak ingin terjadi berbagai masalah.

Ia pun meminta seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk berkiprah nyata dalam pembangunan Indonesia, termasuk dalam penyelenggaraan Pilkada 2017 mendatang.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016