Semua pihak terkait, terutama KPU harus berupaya untuk mempermudah penggunaan hak suara pada Pilkada serentak 2017 mendatang guna mengantisipasi pemilih golput."
Semarang (ANTARA News) - Jajaran Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah dan KPU di tujuh kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada, diminta menggiatkan sosialisasi pesta demokrasi guna mencegah banyaknya pemilih yang golongan putih atau golput.

"Semua pihak terkait, terutama KPU harus berupaya untuk mempermudah penggunaan hak suara pada Pilkada serentak 2017 mendatang guna mengantisipasi pemilih golput," kata Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah Masruhan Syamsurie di Semarang, Jumat.

Menurut dia, masyarakat yang sudah memiliki hak suara harus difasilitasi pemerintah dengan sebaik-baiknya dalam menyalurkan hak politiknya.

"Jangan sampai ada warga masyarakat yang sudah memiliki hak suara tapi kehilangan hak suaranya karena belum tahu adanya pilkada atau belum memiliki KTP elektronik (E-KTP)," ujarnya.

Anggota Komisi A DPRD Jateng Sriyanto Saputro menambahkan bahwa pada pilkada 2017 di tujuh kabupaten/kota, terdapat 137.000 orang lebih yang berstatus sebagai pemilih pemula.

"Pada pilkada mendatang, usia mereka sudah lebih dari 17 tahun sehingga sudah memiliki hak suara secara hukum," katanya.

Ia mengharapkan kelompok yang rentan tidak menggunakan hak suaranya tersebut harus mendapat informasi semaksimal mungkin agar paham dan menggunakan hak pilihnya.

"Untuk itu, regulasi harus dipermudah dan pemerintah harus bisa memberikan pemahaman kepada kelompok pemilih pemula sehingga mereka menggunakan hak suaranya saat pencoblosan nanti dan tidak golput," katanya.

Kendati demikian, Sriyanto menilai persiapan pelaksanaan pilkada serentak 2017 terlihat lebih baik dibanding dengan pilkada serentak sebelumnya, baik dari segi persiapan penyelenggara pilkada, regulasi, maupun penganggarannya.

"Termasuk anggaran untuk pengawasan yang sudah bisa sampai tingkat TPS merupakan progress yang patut diapresiasi," ujarnya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016