Jakarta (ANTARA News) - Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro yang berkuasa di negara ini sejak revolusi 1959 dan mengubah negeri ini menjadi komunis semasa lima dekade berkuasa di Kuba, meninggal dunia dalam usia 90 tahun, umum televisi Kuba seperti dikutip Reuters.

Berikut adalah fakta-fakta Fidel Castro:

- Fidel Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan merupakan kepala negara ketiga terlama di dunia yang berkuasa setelah Ratu Elizabeth dari Inggri dan Raja Thailand. Dia untuk sementara menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul pada Juli 2006 setelah menjalani bedah usus. Pengalihan kekuasaan menjadi resmi pada 2008.

- Pada tahun-tahun terakhirnya, Castro kadang muncul di muka publik dan dan dalam video atau foto yang biasanya saat bertemu dengan tamu. Dia menulis ratusan artikel untuk media resmi pemerintah. Bungkuk dan sudah susah berjalan, Castro terakhir terlihat di muka publik dua kali pada 2012 dan dua kali pada 2013. Dia terlihat di depan publik pada 8 Januari 2014, pada pembukaan sebuah pusat kebudayaan, kendati foto-foto para tamu kehormatan di rumah Castro muncul setelah itu.

- Castro memegang rekor berpidato paling lama di PBB: 4 jam 29 menit pada 26 September 1960. Salah satu pidato terpanjang dia tercatat berdurasi 7 jam 30 menit setelah majelis nasional memilihnya kembali sebagai presiden untuk lima tahun berikutnya pada 24 Februari 1998.

- Castro selamat dari 634 kali upaya pembunuhan, kebanyakan diotaki oleh CIA dan organisasi-organisasi Kuba pengasingan di AS. Mulai dengan pil racun, cerutu beracun, kerang yang meledak, dan pakaian renang yang sudah dicemari bahan kimiat. Cara lain membunuh dia adalah dengan memberikan bubuk yang membuat jenggotnya rontok sehingga menjatuhkan popularitasnya.

- Kendati berusaha dibunuh, invasi kaum Kuba pengasingan dukungan AS di Teluk Babi dan lima dekade sanksi ekonomi, Castro lolos sampai melewati masa berkuasa sembilan presiden AS, dari Dwight Eisenhower dampai Bill Clinton, dan baru mundur ketika George W. Bush berkuasa.

- Castro mengunyah cerutu Kuba namun berhenti pada 1985. Beberapa tahun kemudian dia mengingatkan bahaya merokok dengan berkata, "Yang paling baik yang bisa Anda lakukan dengan kotak cerutu ini adalah memberikannya kepada musuhmu."

- Majalah Magazine pada 2012 menobatkan Castro sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh sepanjang masa.

- Castro memiliki sembilan anak dari lima perempuan. Putera tertuanya Fidel Castro Diaz-Balart yang dianggap duplikat ayahnya dan akrab disapa Fidelito adalah ilmuwan nuklir didikan Soviet yang lahir pada 1949 hasil pernikahannya dengan Mirta Diaz-Balart. Anak perempuannya Alina Fernandez, hasil hubungan gelapnya dengan seorang sosialita Havana manakala Castro menjadi anggota kelompok perlawanan bawah tanah pada 1950-an, kabur dari Kuba dengan menyamar sebagai turis pada 1993 dan merupakan pengkritik utamanya. Castro memiliki lima anak dari istri berikutnya sejak 1960-an, Dalia Soto del Valle. Dia juga memiliki seorang putera dan seorang putri dari dua wanita teman selingkuhnya sebelum dia naik berkuasa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016