Jayapura (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura berhasil mengalahkan tamunya Madura United dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu petang.

Gol tuan rumah, dicetak oleh Ricardo da Silva pada menit 21 melalui titik putih.

Pinalti diberikan kepada tim Mutiara Hitam setelah pemain bertahan Madura United, Gilang Ginarsih menjegal Ricardo da Silva di sisi kanan kotak terlarang.

Alhasil wasit Agung Fauzan asal Sleman langsung menghadiahkan pinalti kepada tim tuan rumah.

Persipura sementara unggul 1-0 atas tamunya Madura United.

Setelah gol tersebut, Madura United mulai balik menekan Persipura Jayapura hingga babak pertama usai, mulai lewat sundulan Patrich Wanggai dimenit 24, namun bisa ditepis kiper Yoo Jae Hoon.

Lalu, tendangan keras Dane Milovanovic pada menit 28 namun masih jauh dari sasaran. Termasuk tendangan bebas di luar kotak pinalti Persipura yang masih meninggi.

Pada menit 36, penjaga gawang Persipura Yoo Jae Hoon hampir buat kesalahan ketika bola yang coba digiring disebelah kiri luar kotak pinalti direbut pemain Madura United dan mengirim umpan ke gawang yang kosong.

Beruntung bola tersebut yang disundul Patrich Wanggai masih mengenai mistar gawang dan keluar.

Masuki menit 40 hingga pertambahan waktu dua menit, tuan rumah Persipura terus ditekan oleh skuat asuhan Gomes de Olivera namun tidak berhasil membuat gol.

Pada babak kedua, baik Persipura dan Madura United sama-sama bermain terbuka dan melancarkan serangan.

Dimulai oleh Persipura yang menggebrak lewat lewat Osvaldo Haay pada menit 50 yang melepaskan tendangan voli dalam kotak pinalti lawan dan berhasil menggetarkan jala gawang yang di kawal Hery Prasetyo.

Namun gol tersebut dianulir oleh wasit Agung Fauzan karena Osvaldo terlebih dahulu dianggap mengontrol bola dengan tangan.

Semenit kemudian Madura United mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Erick Weeks Lewis tapi masih membentur pagar hidup.

Begitu juga tendangan bebas Milovanovic yang masih meninggi diatas mistar gawang Yoo Jae Hoon.

Asyik menyerang, Madura United dikejutkan dengan gol dari Edward Wilson Junior, setelah memanfaatkan bola umpan dalam kotak pinalti dari Ferinando Pahabol pada menit 72.

Persipura sementara unggul 2-0 untuk tamunya, Madura United.

Merasa tertinggal, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab langsung lancarkan serangan, baik dari Engelberth Sani, Patrich Wanggai dan Ericks Weeks Lewis, dibantu Milovanovic, Ahmad Maulan dan Fabiano dengan sesekali melepaskan tendangan jarak jauh namun belum menemui sasaran.

Termasuk sejumlah peluang tendangan bebas yang didapatkan tim asal Pulau Madura lewat kaki Erick Weeks Lewis dan Milavanovic.

Lalu, peluang tendangan bebas di dalam kotak pinalti Persipura yang seharusnya bisa dikonversi jadi gol, namun pagar hidup yang dipimpin Bio Paulin dan Ricardo Salampessy mampu menggagalkannya.

Tendangan bebas di dalam kotak putih itu diberikan oleh wasit Fauzan karena M Tahir mengangkat kaki terlalu tinggi, saat membuang bola.

Hingga penambahan waktu dua menit akhir di babak kedua, semua upaya dari Madura United untuk memperkecil ketertinggalan tidak juga berhasil.

Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Persipura Jayapura.


Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016