Jakarta (ANTARA News) - Dua tahun setelah merilis album terakhir mereka, ikon girlband K-pop 2NE1 resmi dibubarkan pada Jumat, 25 November 2016.

Sejak popularitasnya melonjak dengan single debut "Fire" dan menjadi terkenal di seluruh dunia berkat lagu "I'm the Best", 2NE1 menjadi salah satu girlband K-pop paling ikonik.

YG Entertainment, Jumat (25/11), mengumumkan melalui website resmi perusahaan bahwa agensi tersebut "sangat sedih untuk melepas kepergian 2NE1" setelah tujuh tahun, namun memutuskan bahwa itu hal yang "lebih baik" bagi para anggota untuk mengejar solo karir mereka.

YG Entertainment juga mengumumkan bahwa mereka memperbarui kontrak dengan CL dan Dara, namun Park Bom tidak lagi dibawah agensi tersebut. 2NE1 menjadi trio setelah awal tahun ini anggota termuda dalam girlband tersebut, Minzy, memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan YG.

Kuartet tersebut merilis album terakhirnya "Crush", pada 2014 dan tampil bersama untuk terakhir kalinya di Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2015.

Sepanjang karir 2NE1, Billboard mencatat,19 lagu hits mereka muncul di tangga lagu World Digital Songs, tiga album mereka muncul di tangga lagu top 10 World Albums dan satu album muncul di chart Billboard 200.

2NE1 menduduki peringkat tertinggi album K-pop di Billboard 200 selama dua tahun, sejak debut "Crush" di nomor 61 pada 2014. (Boyband BTS menyalip peringkat mereka pada awal tahun ini ketika debut "Wings" mereka menduduki no. 26).

Album 2NE1 "To Anyone" menjadi album pertama mereka yang muncul dalam tangga lagu World Album, memulai debutnya di nomor 7, sementara EP kedua mereka muncul pada nomor 34 di tangga lagu Heatseekers Albums dan tangga lagu World Abum di no.4 pada tahun berikutnya.

Bersamaan dengan kemunculannya di Billboard 200, album terakhir 2NE1 "Crush" juga muncul di nomor 9 dalam tangga lagu Independent Album dan mengambil peringkat kedua di tangga lagu World Album.

Sebelum bubar, 2NE1 menjadi girlband paling menonjol dari YG Entertainment dan girlband satu-satunya sebelum debut BlackPink awal tahun ini.

Sepanjang karir mereka, 2NE1 menghadirkan berbagai jenis musik dengan menggabungkan elemen musik pop, hip-hop, reggae, elektronik dan R&B dalam musik mereka.

Penampilan 2NE1 yang sangar, ditambah gaya busana yang nyentrik dari masing-masing member, dipadukan dengan lirik lagu-lagu mereka yang menyentuh, menjadikan kuartet tersebut menduduki puncak K-Pop sebagai alternatif girlband K-Pop yang banyak dikenal dengan citra yang imut dan kekanak-kanakan, demikian Billboard.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016