Ketika melakukan survei rumah, pertanyaan yang pasti Anda pikirkan adalah apakah ini rumah yang sudah tepat. Karena pada saat melakukan survei, kesan yang mungkin bisa Anda dapatkan sangat terbatas. Biasanya ada dua kesan yang secara tidak sadar mempengaruhi pemikiran Anda. Pertama, informasi yang diceritakan oleh agen properti atau pemilik rumah. Kedua, naluri dari diri sendiri yang datang dari perasaan ingin tinggal di rumah tersebut atau tidak.

Lalu biasanya, naluri tersebut menimbulkan kesan yang paling dominan dalam menentukan apakah rumah tersebut merupakan pilihan yang tepat. Walaupun pada akhirnya tetap saja menimbulkan kebimbangan, antara harus mengikuti naluri tersebut atau tidak.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan naluri Anda terhadap kesan pertama saat melakukan survei rumah,  percayalah pada dirimu sendiri.Tapi perlu diingat juga, sebuah naluri akan lebih baik jika diikuti oleh tanda-tanda lainnya. Dilansir oleh Lifull Rumah, berikut 9 tanda untuk mengetahui bahwa Anda sebenarnya sudah menemukan rumah yang tepat:

1. Hasrat untuk masuk ke dalam rumah

Ketika melakukan survei, coba bandingkan rumah tersebut dengan rumah yang ada di sekitarnya. Jika Anda merasa bahwa rumah tersebut terlihat lebih baik dan menimbulkan rasa penasaran, bisa jadi itu adalah sebuah pertanda. Berarti ada sesuatu yang menarik yang harus Anda lihat lebih dalam dari rumah tersebut.

2. Perasaan saat Anda masuk ke dalam rumah
Dalam waktu 5 detik ketika memasuki rumah, apakah Anda merasa hangat dan nyaman? Apakah terdapat rasa di mana rumah mengundang Anda dan mempersilahkan Anda untuk mengeksplorasi lebih dalam?

3. Perasaan yang timbul saat melihat kamar mandi

Kebanyakan pembeli merasa tidak begitu peduli ketika melihat kamar mandi. Bahkan untuk menyentuh lantai kamar mandi saja rasanya aneh. Kebanyakan hanya melihat dari pintu saja sambil melihat kedalamnya. Namun, jika Anda berjalan ke kamar mandi dan merasa terdorong untuk masuk dan merasakan seperti apa di dalamnya, maka percayalah ini adalah rumah Anda.

4. Tidak peduli dengan masalah kecil

Mungkin saat survei akan ada masalah-masalah kecil seperti noda di wastafel dapur ataupun cat dinding yang terkelupas. Namun, Anda tidak sama sekali peduli dengan masalah tersebut dan bahkan sudah berpikir untuk segera memperbaikinya.

5. Sudah bisa membayangkan tata letak furnitur

Jika Anda berjalan ke sebuah ruangan dan bukannya melihat ruangan kosong namun ruangan penuh dengan furnitur yang Anda suka maka ini adalah tanda yang bagus.

6. Menjadi fleksibel terhadap kriteria
Pastinya Anda sudah mempunyai daftar kriteria saat mencari rumah, dan rumah yang akan di survei adalah yang sudah sesuai dengan kriteria Anda.

Tapi bila ada beberapa poin yang kurang sesuai dengan kriteria pada saat survei, Anda malah berubah menjadi fleksibel. Contohnya, Anda menyadari bahwa garasi rumah tersebut tidak cocok untuk mobil Anda, lalu berpikir bahwa membangun garasi yang baru tidak akan jadi masalah.

7. Memutuskan untuk berhenti mencari rumah lainnya

Semua rumah yang ada di daftar survei sudah tidak menarik lagi.Bahkan Anda akan merasa berkhianat jika harus pergi survei ke rumah-rumah lainnya.

8. Tidak sabar untuk membagikan cerita rumah baru Anda
Mengambil banyak foto dan membagikan kisah Anda mulai dari survei hingga tinggal di rumah tersebut ke teman Anda. Ini selalu bisa jadi bahan perbincangan yang menarik, bila Anda tidak sabar ingin melakukannya maka ini adalah rumah yang tepat.

9. Tanpa ada keraguan naluri Anda terus berkata bahwa ini adalah rumah yang tepat
Ketika sudah yakin dengan pandangan naluri Anda, maka jangan lagi membohongi perasaan Anda terhadap rumah tersebut. Segera mungkin lakukan proses pembelian.

Seperti banyak ungkapan di luar sana, mencari rumah sama saja seperti mencari jodoh. Benar atau tidaknya ungkapan tersebut bisa Anda rasakan sendiri saat sedang melakukan pencarian rumah.

Untuk Anda yang masih melakukan pencarian rumah sesuai kriteria, akses saja situs portal properti. Portal properti ini dilengkapi dengan fitur filter pencarian canggih, salah satunya adalah pencarian berdasarkan jalur transportasi. Memperoleh daftar rumah dijual sesuai dengan lokasi impian, tipe bangunan dan harga sesuai bujet tentu akan jauh lebih mudah.

Di portal properti Lifull.id Anda juga dapat melihat informasi perumahan baru, apartemen, ruang kantor, hingga sewa tempat kost sesuai kebutuhan.

ADVERTORIAL

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2016