Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Toyota Team Indonesia (TTI)-TRD Alinka Hardianti sukses menorehkan prestasi dalam keikutsertaannya sebagai satu-satunya pebalap perempuan dari luar Jepang di International Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016 di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Minggu (27/11) setempat.

Meski hanya sempat turun latihan satu kali di Fuji Speedway karena kendala cuaca, Alinka yang memulai dari urutan 36 berhasil mencatatkan catatan waktu putaran terbaik dua menit 27 detik untuk mengakhiri lomba dengan menempati posisi 24 di babak Grand Final.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto menyambut baik prestasi Alinka tersebut.

"Prestasi membanggakan ini adalah perpaduan antara performa produk Toyota yang selalu dapat diandalkan, dengan bakat muda yang sangat potensial," kata Henry dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.

"Mengikuti ajang internasional seperti ini tentu menjadi ajang yang baik untuk berlatih, mengasah serta meningkatkan kemampuan Alinka di lintasan balap, mengingat betapa kompetitifnya para pembalap dari berbagai negara di ajang ini," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, dengan keberhasilan Alinka dan TTI-TRD menembus babak Grand Final, secara langsung membuka kesempatan bagi pebalap muda Indonesia lainnya berlaga di ajang tersebut pada tahun-tahun mendatang.

"Selain membuka jalan bagi bakat-bakat muda Indonesia, hal-hal positif seperti ini dapat menjadi pemicu semangat bagi anak-anak muda Indonesia. Prestasi ini menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi yang tidak kalah bersaing di kancah internasional," pungkas Henry.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016