Lebak (ANTARA News) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan survei potensi panas bumi Gunung Endut di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak karena memiliki energi listrik untuk memenuhi kebutuhan wilayah Provinsi Banten.

"Potensi energi listrik dengan kekuatan sekitar 80 MW dan bisa memasok untuk sektor industri, pertanian, pertambangan, peternakan dan rumah tangga," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Lebak Sopyan di Lebak, Senin.

Kementerian ESDM sebelumnya sudah melaksanakan survei potensi panas bumi Gunung Endut, namun hingga kini belum dilelang oleh Badan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Potensi panas bumi berkapastitas 80 MW tersebut sudah dilakukan penelitian.

Dalam penelitian itu dipastikan potensi panas bumi dapat membantu penambahan pasokan energi listrik wilayah Banten.

Namun, hingga saat ini belum dilakukan pelelangan oleh Kementerian SDM.

"Kami berharap potensi panas bumi Gunung Endut itu segera direalisikan," ujarnya.

Menurut dia, pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) itu tentu sangat membantu pasokan jaringan listrik, terutama untuk kebutuhan rumah tangga, industri dan peternakan.

Saat ini, wilayah Provinsi Banten begitu tumbuh perumahan dan industri serta peternakan sehingga memerlukan pasokan sumber energi listrik.

Panas bumi Gunung Endut Kabupaten Lebak pada posisi geografis daerah penyelidikan terletak pada posisi antara 106.15,22-106.22,39, BT dan 6.34,4-6.41,4, LS.

Daerah panas bumi Gunung Endut berupa mata air panas yang muncul di beberapa lokasi manifestasi di daerah Cikawah dan Handeuleum.

Mata air panas Cikawah 1 dan Cikawah 2 berada di bagian barat kaki Gunung Endut bersuhu 53 - 88C, pH 7.74 - 7.98 dan debit sekitar 5 liter/detik.

Sementara mata air panas Handeuleum yang muncul di sebelah barat Cikawah bersuhu air panas 57C, dengan pH 7.70 dan debit 3 liter/detik.

Selain itu, juga kubah-kubah vulkanik yang terbentuk di sekitar manifestasi Cikawah dan Handeuleum diduga menjadi sumber panas bumi.

Zona permeabel pada Formasi Sareweh dan Cimapag yang terkekarkan dengan kedalaman puncaknya sekitar 1.500 meter di bawah manifestasi air panas Cikawah dan Handeuleum diduga sebagai lapisan reservoir dalam prospek Gunung Endut.

"Kami minta Kementerian SDM bisa melakukan pelelangan kepada perusahan yang benar-benar mampu mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga panas bumi itu," ujarnya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016